Yuk, Cegah Serangan Jantung di Usia Muda

Tahukah Anda, penyakit jantung sering disebut sebagai silent killer, karena dapat menyerang siapa pun, dan kapan pun hingga mengakibatkan kematian. Umumnya, penyakit jantung lebih banyak disebabkan oleh faktor usia, yakni pada pria usia di atas 50 tahun, dan perempuan pada usia di atas 65 tahun.

Akan Tetapi, dewasa ini menunjukkan mereka yang berusia muda di bawah 40 tahun pun rentan pula terserang penyakit jantung. Luke Laffin, seorang ahli jantung Cleveland Clinic menyebutkan, faktor terbesar meningkatnya risiko serangan jantung pada usia muda disebabkan oleh diabetes dan gaya hidup yang tidak sehat. Namun, selain kedua faktor tersebut masih ada beberapa faktor risiko lainnya, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, kurang olahraga, keturunan, dan stres. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya serangan jantung dapat dilakukan pencegahan dini dengan beberapa langkah jitu.

1. Cek kesehatan secara berkala.

2. Jangan merokok dan hindari asap rokok.

3. Rajin berolahraga.

4. Pola makan sehat dan diet seimbang.

5. Istirahat yang cukup.

6. Dan mengelola stres dengan baik.

Apabila Anda termasuk orang yang berisiko, disarankan sedini mungkin berkonsultasi dengan dokter. Inti utamanya adalah pencegahan. Penting untuk memahami faktor risiko serangan jantung, sehingga apapun yang bisa Anda lakukan sejak dini semakin baik. Anda harus waspada dengan faktor risiko serangan jantung, mengingat tingkat serangan jantung pada usia muda terus meningkat. Penting bagi usia muda untuk sadar dan menganggap serius faktor risiko tersebut. Ayo kita cegah terjadinya serangan jantung sejak dini, dan jangan sampai terlambat.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat