Waspada Terhadap Penggunaan Plastik

Dewasa ini penggunaan plastik telah begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Apalagi hal tersebut didukung dengan beragam keunggulan yang dimilikinya, diantaranya kuat, ringan, fleksibel, tahan karat, mudah dibentuk untuk berbagai fungsi, dan mudah diberi warna. Sebut saja, kantong plastic yang sering digunakan sebagai kantong pembungkus berbagai macam benda, tak terkecuali makanan dan minuman.

 

Meski begitu di balik keunggulannya, plastik juga menyimpan kekurangan. Salah satunya adalah kandungan bahan-bahan kimianya yang berbahaya bagi kesehatan. Polychlorine biphenyl (PCB) merupakan kandungan pembentuk plastik yang bersifat karsinogenik. Tidak itu saja, plastic juga tidak ramah terhadap lingkungan karena membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai. Jika dibakar, maka akan menghasilkan asap beracun dan berbahaya bagi kesehatan.

 

Sifat berbahaya dari plastik, bukan hanya disebabkan terjadinya perpindahan kandungan bahan kimia plastik ke makanan/minuman yang disebut migrasi. Melainkan, juga dipicu faktor lain, seperti suhu tinggi (panas) yang mempercepat dan memperbanyak proses migrasi, minyak yang melarutkan komponen plastik dengan cepat, dan waktu—semakin lama makanan/minuman bersentuhan dengan plastik, makin banyak komponen kimia yang bermigrasi. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. (dari berbagai sumber)

 

 

—————————

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat