Wanita Hebat! #Series 13

Wanita memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Sedemikian pentingnya peran wanita, maka wanita dikaruniai sejumlah hari spesial. Di Indonesia, wanita memiliki 3 hari istimewa. Pertama, Hari Perempuan Internasional yang diperingati pada 8 Maret. Kedua, hari Kartini yang diperingati setiap 21 April. Dan ketiga, Hari Ibu yang dirayakan saban tanggal 22 Desember. Ketiganya menggambarkan keistimewaan wanita dari berbagai aspek.

Tidak berhenti disitu, wanita ternyata memiliki pengaruh yang kuat dalam aspek pemasaran. Dalam sejumlah buku besutan MarkPlus, dikatakan bahwa wanita merupakan salah satu “influencer” pemasaran yang penting. Posisi wanita sebagai influencer sejajar dengan posisi kaum muda dan juga warganet. Ketiganya, sering dikenal sebagai YWN alias Youth, Woman, and Netizen.

Dalam kaidah YWN, Wanita tampil sebagai “market share”. Sementara Youth merupakan mind share, sedangkan Netizen mewakili heart share.  Posisi wanita sebagai market share sungguh beralasan. Wanita, selain secara kodrati memiliki kemampuan multitasking, juga berperan penting sebagai “Menteri Keuangan” sebuah keluarga. Dalam melakukan pembelian, wanita memikirkan segala aspek, seperti manfaat, harga, kualitas, kuantitas, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, dalam menyampaikan informasi mengenai sebuah produk, baik yang berupa barang maupun jasa, kita mesti menyesuaikan format penyampaian informasi tersebut dengan karakteristik khas wanita. Apabila kita mampu melakukannya dengan baik, maka tak ayal “promosi” yang kita lakukan akan berdampak positif bagi mereka.

Untuk mempermudah pemahaman, silahkan tonton kembali film komedi romantis What Woman Wants (2000) yang dibintangi Mel Gibson dan Helen Hunt. Dalam film itu, Mel Gibson berperan sebagai seorang pria, yang setelah mengalami kecelakaan domestik, mampu memahami perasaan terdalam seorang wanita. Berkat “kemampuan” itu, Mel sukses memikat perhatian setiap wanita yang dijumpainya.

Nah, bakat inilah yang perlu kita miliki untuk memenangkan kaum wanita, terutama dalam memahami dan memenuhi kebutuhan mereka – yang tentu saja diharapkan berujung pada peningkatan loyalitas terhadap brand/merek sekaligus penjualan kita.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat