Uniknya Rumah Woloan

Mungkin anda pernah mendengar rumah woloan? Ya, ini adalah rumah adat Minahasa yang terbuat dari kayu namun dapat di bongkar pasang. Nama woloan adalah sebuah desa yang berada di wilayah Tomohon Tengah, Sulawesi Utara. Di daerah yang berhawa sejuk ini berkembang home industry yaitu pembuatan rumah panggung tradisional khas Minahasa yang lebih dikenal dengan rumah woloan. Namun seiring perkembangan jaman struktur bangunan rumah woloan ini sudah agak berubah menjadi tipe rumah modern, namun tetap mempertahankan karakter khas rumah adat Minahasa.

 

Rumah woloan ini mempunyai ciri khas yaitu rata – rata tinggi rumah mencapai tiga meter serta dilengkapi dengan dua buah tangga besar didepan. Dengan disain yang unik, rumah woloan bukan hanya mampu menembus pasaran dalam negeri saja namun juga mancanegara. Sistem rakitan dari bahan kayu merupakan salah satu keunggulan rumah ini.

 

Bahan baku untuk pembuatan rumah woloan ini menggunakan tiga buah jenis kayu, yaitu kayu besi, kayu natoh serta kayu cempaka. Untuk pembuatan dinding rumah digunakan kayu cempaka, untuk membuat plafon serta lantai rumah dipakai kayu natoh sedangkan untuk rangka rumah menggunakan kayu besi. Kayu – kayu tersebut biasanya diambil dari daerah Bolaang Mongondow serta Gorontalo.Pembuatan satu rumah woloan diperlukan waktu sekitar dua bulan. Konon rumah woloan tersebut dapat bertahan hingga puluhan tahun.

 

 

——————–

 

 

Integriti Publishing

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat