Turunkan Berat Badan dengan Memelihara Anjing

Sebagai teman, pelindung, penghibur, atau sekedar hewan peliharaan, itulah anjing. Tingkat kecerdasannya yang cukup tinggi, kesetiaan, serta pengabdian menjadi sederet alasan manusia untuk memelihara hewan sosial ini sejak ribuan tahun lalu.

Mood dan Sehat

Memiliki seekor anjing adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Sebagai teman, anjing tak hanya setia menemani dan menghibur di kala sedih. Namun, dapat mengembalikan mood dan mendatangkan banyak teman bagi pemiliknya.

Para peneliti di Inggris melihat adanya pertemuan antarsesama pemilik anjing saat berjalan-jalan dengan anjing mereka sehingga terjalin pertemanan di antara mereka. Sebagai pelindung, anjing benar-benar hewan yang setia dan rela mengorbankan dirinya demi keselamatan majikannya.

Memelihara anjing, ternyata, juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Sejak tahun 1800-an, telah dilakukan studi yang menunjukkan adanya kontribusi anjing dalam peningkatan kesehatan manusia. Dr. Deborah Wells, peneliti dari queens University menemukan bahwa memelihara anjing dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental pemiliknya.

Kehadiran seekor anjing dapat membuat pemiliknya lebih cepat sembuh dari sakit, memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol yang rendah. Sementara, studi dari Universitas Missouri menyebutkan bahwa mengajak anjing jalan-jalan secara teratur dapat menurunkan berat badan hingga 7 kg per tahunnya.

Memelihara Anjing

Jika Anda tertarik untuk memiliki seekor anjing, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih jenis anjing yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Pertama, memilih ukuran anjing yang sesuai dengan ukuran ruang yang tersedia, ketersediaan waktu, serta biaya pemeliharaan.

Adapun ukuran lazim terdiri atas toy (1—10 kg), medium (10—25 kg), large (25—50 kg), dan giant (50—75 kg). Jenis ras terkecil di dunia adalah Chihuahua yang berasal dari Meksiko, sedangkan Irish Wolfhound tingginya bisa lebih dari satu meter. Semakin besar anjing, semakin besar ruang yang dibutuhkan, dan semakin besar pula biaya pemeliharaannya.

Kedua adalah memilih jenis bulunya, bulu panjang atau pendek. Anjing berbulu panjang memang terlihat lebih indah dan glamor, tetapi membutuhkan ekstra perhatian dan waktu untuk merawatnya, terutama di musim rontok bulu. Contohnya, Golden Retriever. Sebaliknya, perawatan anjing berbulu pendek lebih mudah dan sederhana, seperti Labrador Retriever.

Selanjutnya, Anda juga harus menentukan terlebih dahulu fungsi dari anjing Anda kelak. Menurut fungsinya, anjing dibedakan atas jenis toy, companion dog, atau guard dog. Biasanya, jenis toy memiliki berat di bawah 10 kg dan memang hanya untuk teman bermain. Jika ingin difungsikan sebagai guard dog, hanya sebatas alarm dog. Misalnya saja, Pomeranian, Chihuahua, Pug, dan Poodle.

Anjing yang kalem dan bersahabat sangat cocok untuk dijadikan companian dog atau family dog. Saking baiknya—bahkan dengan pencuri sekalipun—anjing ini tidak dapat dijadikan guard dog. Yang termasuk jenis ini, Golden Retriever, Labrador Retriever, Collie, dan American Cocker Spanie.

Fungsi terakhir adalah sebagai guard dog atau anjing penjaga. Secara fisik, anjing ini terlihat galak dan seram, tetapi memiliki sifat melindungi. Seperti, Rottweiler, Dobermann, American Pit Bull Terrier, dan Boxer.

 

Tip Membeli Anjing

  • Beli anakan anjing langsung dari peternak (breeder)
  • Pastikan lingkungan peternakan bersih, tidak jorok, serta bebas kuman dan bakteri.
  • Melihat terlebih dahulu induk anjing karena anatomi anjing 50% faktor genetik dan 50% tergantung perawatannya.
  • Pastikan anjing tidak mengidap penyakit kulit. Jangan percayai breeder yang mengatakan luka di kulit karena berkelahi.
  • Pastikan selera makannya baik karena anjing yang rakus memiliki kondisi tubuh yang baik. Namun, jangan langsung beri makan anjing setibanya di rumah. Sebaiknya, tunggu hingga 12 jam sesudah tiba di rumah.
  • Pastikan anjing telah divaksinasi dan ada garansi kesehatan sejak tanggal pembelian.

 

Fakta unik

  • Hampir semua jenis anjing memiliki lidah berwarna pink, kecuali Chow-Chow dan Sharpei yang lidahnya berwarna hitam.
  • Anjing ras Basenji, satu-satunya anjing di dunia yang tidak menyalak.
  • Anjing tertua yang pernah hidup hingga umur 29 tahun
  • Dobermann diambil dari nama pemiliknya Louis Dobermann (1860), seorang penagih pajak asal Jerman, yang menggunakan anjing untuk melindunginya saat bekerja.
  • Anjing membedakan objek dari gerakan, intensitas cahaya, dan bentuk.
  • Kumis anjing (di moncong, atas mata, dan bawah rahang) disebut vibrissae yang sensitif terhadap sentuhan sehingga dapat merasakan perubahan kecil aliran udara.
  • Awalnya, potongan bulu anjing Poodle untuk meningkatkan kemampuan berenang dan menghangatkan persendian mereka.

(Oleh: Dyota Tenerezza)

(Majalah Podomoro Edisi 13, April-Juni 2010)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat