TUMBUHAN PENYERAP POLUTAN

Sansevieria atau yang biasa disebut lidah mertua merupakan salah satu tumbuhan yang mampu menyerap racun (polutan) berbahaya di udara. Tanaman ini mampu bertindak sebagai pembersih udara dengan menyerap dan menetralisir polutan (racun) dari udara, diantaranya karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin.

Menurut penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA; National Aeronautics and Space Administration), tanaman ini mempunyai kemampuan menyerap hingga 107 jenis unsur berbahaya (racun atau polutan). Sementara itu riset lainnya menyimpulkan bahwa dengan 5 helai daun sansevieria dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan.

 

Tanaman tersebut juga memiliki beragam khasiat lainnya, diantaranya sebagai penutup luka, antiseptik, obat wasir, cacar, cacing, penyakit mata dan telinga, dan juga sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis Sansevieria juga berkhasiat sebagai anti malaria, anticendawan, antikolesterol, hingga  antikanker.

 

Secara umum Sansevieria (lidah mertua) dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu jenis dengan daun pendek (sekitar 8 cm) dan jenis dengan daun panjang (50-70 cm). Ciri tumbuhan Sansevieria secara umum

dapat dilihat seperti memiliki rimpang, berdaun tebal, serta ujung daunnya runcing atau berduri. Tumbuhan ini juga mampu menyimpan air dalam jumlah yang banyak pada seluruh bagian tubuh dan  mampu hidup di daerah yang kering dan tandus. Sansevieria memiliki daun yang berwarna beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning.

 

Melihat manfaat dan kemampuan dari Sanseviera sebagai tanaman penyerap racun, sepertinya tumbuhan ini wajib ditanam. Terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan yang memiliki tingkat pencemaran udara yang tinggi. Tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah, meski harus ditanam di pot dan diletakkan didalam ruangan. Karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. (dari berbagai sumber)

 

#sanseviera #lingkungan #hijau #polusi #integriti #integrated #marketing #communication

————————————-

Integriti Publishing

One Response to “TUMBUHAN PENYERAP POLUTAN

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat