Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara

Sebagai salah satu hari raya besar Umat Islam, Idul Adha dirayakan serentak di berbagai negara. Namun, kegiatan setelah melaksanakan shalat Ied di tiap negara tidak jauh berbeda dengan tradisi yang biasa kita laksanakan di Indonesia. Yuk simak bagaimana tradisi Idul Adha di beberapa negara berikut ini.

  1. Arab Saudi

Sebagai negara tempat dimana Umat Islam melaksanakan ibadah haji, Idul Adha menjadi hari raya yang sangat besar bagi negara ini. Pemotongan hewan kurban dilakukan oleh kerajaan Arab Saudi secara besar-besaran. Jutaan kilogram daging kurban yang dihasilkan akan dibagi-bagikan ke negara Islam yang kekurangan, terutama wilayah Asia dan Afrika.

2. Bangladesh

Secara umum, tradisinya sama saja, yakni melaksanakan shalat Ied dan penyembelihan hewan kurban. Namun, di Bangladesh, hewan-hewan yang akan dikurbankan sangat diperhatikan. Mulai dari kesehatan dan usia hewan kurban. Bahkan para ahli akan turun langsung untuk melakukan pemeriksaan.

3. Amerika Serikat

Di AS Idul Adha juga dilakukan selayaknya di negara lain, yakni shalat Ied dan Pemotongan hewan kurban. Namun, karena perbedaan budaya kegiatan penyembelihan hewan kurban dilakukan seminim mungkin.

4. Tiongkok

Unik, di negara Tiongkok, terutama di daerah Ningxia, shalat Ied di masjid hanya dilakukan oleh kaum laki-laki sedangkan kaum perempuan dilarang melakukan shalat Ied di masjid. Selanjutnya, takbiran sebelum shalat dilakukan dengan membakar hio yang merupakan tradisi umum umat Islam di Tiongkok. Setelah dibakar, hio akan ditancapkan ke mangkok tempat hio, sebelum akhirnya dilakukan ceramah dan shalat Ied.

5. Rusia

Meskipun umat Islam merupakan minoritas di Rusia, namun hari raya Idul Adha tetap dilaksanakan dengan shalat Ied di lapangan karena keterbatasan masjid disana. Penyembelihan hewan kurban pun tidak dapat dilaksanakan di sembarang tempat karena pemerintah sudah memutuskan lokasi-lokasi untuk melakukan penyembelihan tersebut. Namun, keterbatasan inilah yang membuat Idul Adha di Rusia menjadi lebih sakral bagi umat Islam disana.

Integriti Publishing

One Response to “Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat