Tips: Memulai Menulis Blog

Halo, Integritiers!

Hobi menulis dapat disalurkan dengan cara yang berbeda-beda lho. Ada yang gemar menulis dan menuangkannya di buku harian, ada pula yang gemar menulis secara professional hingga menerbitkan buku. Kalau generasi millennial sekarang mungkin gemar menulis melalui blog. Lalu, bagaimana buat kamu yang ingin membuat blog tapi tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup? Yuk intip tips khusus untuk memberanikan dirimu dalam menulis blog

  1. Pengalaman yang Bercerita

Memikirkan tema apa yang akan kamu tulis akan sangat sulit pada awal membuat blog. Apabila kamu belum menemukan tentang apa yang ingin kamu bagikan dalam blog kamu, bercerita mengenai keseharian kamu akan membuat kamu dapat memulai menulis blog dengan ringan.

  1. Menulis Bebas

Menulislah mengikuti alur sesuai dengan gaya menulis kamu sendiri. Jangan terlalu fokus dengan tata bahasa karena kamu bukan sedang membuat karya ilmiah. Melalui blog ini kamu memang dituntut untuk menunjukkan keaslian gaya tulismu.

  1. Gaya Bahasa

Berbagai gaya bahasa setiap penulis berbeda-beda. Apabila kita sering membaca, kita dapat memahami ragam karakter penulisan dari setiap penulis yang berbeda. Menarik bukan? Nah, dengan banyak menulis, kamu dapat membangun sendiri karakter penulisanmu.

  1. Menjadi Editor

Sebagai pemula pastinya kamu masih menemukan banyak kekurangan dari hasil tulisanmu. Nah, jadilah editor bagi diri kamu sendiri. Caranya bisa dengan membaca ulang hasil tulisanmu. Dengan mengecek kembali maka kamu akan menemukan kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin ingin kamu benahi.

  1. Pendapat Pembaca

Menulis di blog pastinya tidak terlepas dari ketakutan mengenai opini para pembaca. Namun, pada tahap pemulaan belum saatnya kamu untuk banyak memikirkan apa kata para pembaca. Tulislah dengan maksud ingin berbagi pengalaman, dan jauhkan isu yang kontroversial apabila kamu belum siap untuk mendapatkan kritik-kritik pedas dari para pembaca.

  1. Melakukan Perbandingan

Hal ini boleh dilakukan sebagai bahan referensi. Namun, apabila kamu melakukan perbandingan dengan para profesional, tentunya akan membuat kamu kesulitan membangun karakter penulisan kamu sendiri. Jadi, jangan terlalu sering membandingkan hasil tulisan kamu dengan para pakar penulis yang memang sudah ahli dalam penulisan.

  1. Rutin Menulis

Nah, poin terakhir ini sangat sederhana namun sulit untuk dilakukan. Dengan beragam aktifitas yang menyibukkan kamu, maka akan ada kalanya kamu bosan untuk menulis. Paksakan diri kamu apabila ingin serius menekuni keterampilan menulis kamu. Dengan banyaknya karya tulis , akan banyak juga pelajaran yang dapat kamu perhatikan dari hasil tulisanmu.

 

Nah, Integritiers selamat mencoba ya!

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat