Tips Memiliki Rumah Bagi Pengantin Baru

Kebutuhan tempat tinggal seakan menjadi prioritas bagi pasangan yang baru menikah dan akan memulai kehidupan yang baru. Akan tetapi harga rumah yang terus naik tiap tahunnya, serta beban finansial lainnya, membuat impian untuk bisa tinggal di rumah sendiri setelah menikah harus ditunda. Meski menjadi kendala, tapi bukan berarti Anda dan pasangan tidak bisa mengusahakannya. Anda dan pasangan juga bisa mewujudkan impian memiliki rumah dengan strategi yang tepat.

Salah satu hal yang dapat dilakukan membuat rekening tabungan khusus untuk cicilan rumah. Mulailah menabung minimal 20% dari penghasilan setiap bulan. Misalnya, total gaji perbulan adalah 4 juta rupiah. Setidaknya sisihkan sekitar 800 ribu perbulan untuk ditabung. Dalam setahun, tabungan yang terkumpul adalah sekitar 19 juta rupiah dan sudah bisa digunakan untuk membayar Down Payment (DP) kepemilikan rumah. Tapi harus diperhatikan kebutuhan penting lainnya sudah terpenuhi terlebih dulu.

Terapkan gaya hidup yang sederhana pada tahun-tahun pertama pernikahan. Kurangi belanja yang tidak perlu dan mulai disiplin menabung. Jika merasa gaji pas-pasan maka carilah alternatif untuk mendapat tambahan uang. Selain itu, Anda harus rajin mencari tahu program pembangunan rumah murah atau subsidi pemerintah. Anda juga bisa memanfaatkan pilihan KPR dari berbagai macam bank baik itu konvensional maupun syariah. Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Perlu diingat bahwa Anda bertugas memilah mana yang paling menguntungkan, terutama dari sisi keringanan bunga karena KPR bukanlah pinjaman yang selesai dalam 1-2 tahun jadi pastikan Anda mendapat penawaran terbaik.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat