Tips Biar Gak Lemas saat Puasa

Selama menjalani puasa tubuh kita tidak kemasukan makanan dan minuman jadinya pasti lemas, kan? 

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, Samuel Oetoro, wajar tubuh merasa lemas karena kadar gula dalam tubuh semakin lama semakin berkurang saat berpuasa. 

Nah, ini dia tips sederhana yang bisa dilakukan supaya badan tetap sehat selama berpuasa.

  1. Perbanyak konsumsi makanan berserat dan air putih

Dengan mengonsumsi makanan mengandung serat seperti sayur dan buah, tubuh akan merasakan kenyang lebih lama. Sebab, keduanya membantu penyerapan karbohidrat secara bertahap pada tubuh.

Jangan lupa terapkan pola 2-4-2 dalam mengonsumsi air putih. 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur.

  1. Selingi Olahraga Ringan

Meski sederhana, aktivitas fisik tetap dibutuhkan agar tubuh tetap fit dan segar. Olahraga ringan yang bisa dilakukan misalnya berjalan kaki di sekitar rumah, senam ringan selama 15-30 menit, atau bersepeda santai.

  1. Berbuka Secukupnya

Hindari ‘balas dendam’ saat berpuasa dengan banyak makan saat berbuka. Cukup minum air putih dan konsumsi makanan manis seperti kurma atau buah-buahan untuk mengembalikan kandungan gula dalam tubuh

  1. Sempatkan Waktu Tidur Siang

Selain menjaga pola makan, orang yang berpuasa butuh tidur cukup. Jika ada sedang bekerja, manfaatkan waktu jam istirahat untuk ibadah dan tidur singkat beberapa menit. Eits, tapi jangan kebablasan sampai sore, ya! Tidur singkat 20-40 menit di siang hari dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga suasana hati agar lancar beraktivitas dan bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

Semoga tips di atas bermanfaat selama ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa ya!

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published.

WhatsApp chat