TIPS CEGAH MABUK LAUT

Sebagian dari kamu tentunya sudah pernah merasakan perjalanan dengan menggunakan transportasi laut. Melakukan perjalanan melintasi laut terkadang awalnya terbayang sangat mengasyikkan. Namun hal tersebut sekejap dapat berubah menjadi tidak menyenangkan, yaitu ketika kamu didera mabuk laut. Perasaan tidak enak akan segera dirasakan, seperti perut mual, kepala terasa pusing serta suhu tubuh akan meningkat cepat. Mabuk laut pada umumnya dikarenakan guncangan ombak selama di perjalanan. Dan jika tubuh tidak beradaptasi dengan cepat terhadap hal tersebut maka akan memberikan dampak yang tidak menyenangkan, seperti perut mual serta pusing kepala yang menyiksa. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk mencegah dan menghindari mabuk laut. Sebelum berangkat dapat melakukan beberapa hal berikut :

 

  • Makan. Ketika akan berangkat atau naik kapal laut, sebaiknya isi perut secukupnya. Hal ini dilakukan agar perut tidak kosong namun juga jangan makan terlalu kenyang.
  • Minum obat antimabuk. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dan terutama yang selalu mengalami mabuk laut.
  • Rileks. Tenangkan selalu hati dan pikiran. Dengan selalu berpikir positif tentunya akan membawa pengaruh yang positif pula bagi tubuh.
  • Minum jahe. Seperti diketahui jika air jahe dapat mengurangi serta mengatasi rasa mual. Memakan permen jahe juga dapat menjadi alternatif untuk mengantisipasi rasa mual.

 

Ketika berada di atas kapal. Sebaiknya pilih tempat duduk di bagian tengah. Hindari memilih duduk di bagian atas kapal, karena bagian ini gelombang laut lebih terasa daripada bagian di

bawahnya. Selain itu sebaiknya jangan membaca selama berlayar. Hal ini biasanya dapat memancing rasa mual. Namun jika sudah mulai merasa mual, bisa lakukan hal-hal berikut ini:

 

  1. Berjalan-jalanlah mencari tempat dengan sirkulasi udara yang bagus, tidak panas, tidak tercampur keringat orang atau bau-bauan yang bisa membuat kamu makin mual. Hembusan angin dapat membuat lupa pada rasa mual.
  2. Menggerakkan tubuh, misalnya dengan melakukan peregangan. Menggerak-gerakkan tubuh dapat membantu melupakan rasa mual. Namun jika rasa mual sering muncul, kepalkan dan lemaskan jari-jari tangan dan kaki berulang-ulang. Hal ini dilakukan untuk melancarkan peredaran darah.
  3. Bisa juga dilakukan dengan berbaring jika hal ini akan membuat tubuh merasa lebih baik. Buat posisi berbaring senyaman mungkin. Karena apabila posisi berbaring tidak nyaman, tentu tubuh juga akan semakin tidak nyaman, terutama pada bagian di sekitar leher.

 

Dengan menerapkan tips tersebut diharapkan kamu dapat mengatasi mabuk laut sehinga perjalanan melintasi / menyeberangi lautan akan lebih menyenangkan.

 

 

 

 

Integriti Publishing

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat