The Omnichannel #1RamadhanSeries

Ibadah puasa merupakan salah satu ibadah yang “keindahannya paling misterius”. Betapa tidak? Ganjaran ibadah puasa yang dilakukan warganet hanya akan dinilai dan dibalas oleh Allah SWT. Hal ini tentunya disebabkan oleh sifat “rahasia” dari ibadah puasa itu sendiri, yaitu hanya diketahui oleh sang pelaku dan Allah SWT.

Ibadah puasa juga bersifat omni, artinya terjadi gabungan sempurna antara ibadah rohani dan fisik. Karena disaat menahan lapar dan dahaga, seseorang yang tengah berpuasa juga harus menahan panca inderanya dari berbagai hal yang berpotensi kurang baik. Disisi lain, ibadah puasa akan semakin bermakna karena didampingi dengan berbagai ibadah lainnya, seperti shalat, sedekah, membaca Alqur’an dan lain sebagainya. Kesemuanya berlangsung secara utuh dan sempurna tanpa ada celah yang memisahkannya. Ibadah rohani dan fisik saling bersinergi menyempurnakan nilai-nilai ibadah yang hendak dicapai.

Konsep tersebut tampak pula pada salah satu bagian dari konsep Marketing 4.0 yang mengusung konsep omni channel. Bahwa, customer harus mendapatkan pengalaman yang sama-sama menarik dan berkesan saat mereka berkomunikasi dengan kita/produk/layanan secara online maupun offline. Meski berbeda “alam”, yaitu offline dan online, customer sudah semestinya mendapatkan layanan yang sama-sama memuaskannya. Online dan offline mesti dihadirkan bersamaan, tanpa jeda, dan terus bersinergi memberikan layanan terbaik kepada customer, sehingga mampu menghadirkan pengalaman tak terlupakan. Hal ini tentunya menjadi salah satu opsi yang cukup signifikan dalam membentuk kepuasan dan loyalitas pelanggan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat