Terapi Alami Redakan Sakit Kepala

Anda sedang duduk di hadapan meja kantor ataupun sedang menjalankan tugas, dan tiba-tiba kepala terasa sangat sakit berdenyut-denyut atau pusing. Pada 2015, laporan penelitian World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa 47 persen dari populasi orang dewasa mengalami sakit kepala setidaknya sekali dalam satu tahun tersebut.

Saat sakit itu tidak mereda, apa yang akan Anda lakukan? Apakah meminum aspirin, ibuprofen, atau pereda nyeri lainnya? Sebenarnya, ada beberapa terapi pengobatan rumahan atau alami yang bisa diandalkan dalam meredakan sakit kepala. Dalam beberapa kasus, menggabungkan perawatan rumahan dengan obat pereda nyeri juga cukup membantu. Tetapi, alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi dulu dengan dokter atau penyedia perawatan kesehatan sebelum memulai terapi alami ini.

  1. Minyak Peppermint:Telah digunakan sebagai obat alami untuk sakit kepala sejak lama. Perpaduan antara watermint dan spearmint dan kemampuannya mengaktifkan reseptor dingin di kulit, memberikan perasaan nyaman yang akan membantu menenangkan sakit kepala Anda.
  2. Capsaicin:Ini adalah senyawa aktif di dalam cabai. Senyawa ini menyebabkan sensasi terbakar ketika kontak dengan kulit manusia. Sifat membakarnya ini memberi manfaat penyembuhan dan sangat membantu dalam mengurangi sakit kepala ketika didekatkan ke hidung.
  3. Memijat Kepala/Leher:Dengan memijat titik-titik tertentu di kepala atau leher, Anda dapat melepaskan ketegangan yang menyebabkan sakit kepala, serta membantu mengatur sirkulasi darah. Hal ini akan membantu mengurangi rasa pusing Anda.
  4. Secangkir Teh:Kafein di dalam teh mampu meningkatkan efektivitas obat penghilang rasa sakit. Menurut sebuah studi mengenai sakit kepala, 58 persen respondennya bilang bahwa mereka merasa lebih baik setengah jam lebih cepat setelah minum teh, dibandingkan mereka yang hanya minum obat pereda nyeri.
  5. Segelas Air Putih: Terjadinya sakit kepala yang disebabkan dehidrasi cukup sering dialami oleh orang-orang. Sehingga diperlukan asupan air putih yang cukup untuk menghilangkan dehidrasi, kemudian sakit kepala pun akan berkurang.
  6. Peregangan:Menghilangkan ketegangan otot dengan melakukan latihan peregangan dapat membantu meredakan sakit kepala. Berikut adalah beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan: Gerakkan dagu ke depan, ke atas, dan ke arah bahu. Dua, angkat bahu ke atas, ke depan, ke atas lagi dan ke belakang. Ketiga, tekan dahi dengan telapak tangan kemudian tekan sisi kepala kanan dengan tangan kanan dan sisi kepala kiri dengan tangan kiri.
  7. Istirahat/Tidur: Pada saat pusing kepala terjadi, akan lebih baik apabila Anda tidur atau istirahat sejenak. Kepala yang pusing dapat timbul karena tubuh terlalu lelah dan/atau kurang tidur.
  8. Gunakan Alas Kepala Lebih Tinggi: Pada saat beristirahat untuk menghilangkan sakit kepala, maka cara yang tepat adalah dengan meletakkan posisi kepala lebih tinggi untuk memperlancar aliran darah kembali. Sehingga ketika bangun tidur, sakit kepalanya sudah hilang.

Namun, yang perlu diingat yakni terapi rumahan atau alami tersebut tidak dimaksudkan untuk semua sakit kepala. Jika sakit kepala Anda tetap ada dan malah semakin parah, mungkin ada sesuatu lebih serius yang perlu dikonsultasikan dengan dokter. (Oleh: Ria E. Pratiwi)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat