Tarawih itu…

Selain ibadah wajib berpuasa selama satu bulan penuh, sholat tarawih merupakan salah satu rutinitas ibadah yang identik di bulan Ramadhan. Shalat tarawih merupakan shalat yang khusus dilaksanakan pada bulan Ramadhan, dan dilakukan sesudah shalat Isya dengan diakhiri shalat witir. Tarawih hukumnya sunnah muakkad, sunnah yang diutamakan bagi siapapun yang mengerjakannya, baik laki-laki maupun perempuan. Menariknya, shalat tarawih tidak ditemui di luar bulan Ramadhan.

Di Indonesia, pelaksanaan shalat tarawih memang berlangsung unik. Umumnya, antara satu masjid dengan masjid lainnya cukup berdekatan, dimana tarawih dilaksanakan sebanyak 8 rakaat, sedangkan di masjid yang lain melaksanakan tarawih sebanyak 20 rakaat. Akan tetapi, segala macam perbedaan tersebut bukanlah menjadi suatu permasalahan yang berarti. Selain itu, tarawih pun terkadang membawa pertanyaan tentang jumlah rakaat yang dikerjakan dala satu kali salam. Ada yang rutin mengerjakan dua rakaat dalam satu salam, ada pula yang sesekali mengerjakan empat rakaat dalam satu salam.

Semua perbedaan tentang jumlah rakaat tarawih, dikembalikan pada keyakinan diri masing-masing. Karena, hanya Allah SWT saja yang menilai ibadah dan kebaikan ramadhan dari niat, keikhlasan, serta sejauh mana kadar khusyu mampu kita capai. Bukan dari banyak jumlah rakaat yang dikerjakan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat