Tantangan Pengelolaan Media Komunikasi Internal

Terlepas dari peranannya yang sangat signifikan dalam mendukung peningkatan kinerja perusahaan, banyak pihak yang mengeluhkan betapa sulitnya mengelola media internal. Mulai dari waktu terbit yang tidak pasti, proses peliputan yang rumit, pembaca yang pasif dan berbagai hal lainnya. Kesemua “kesulitan” tadi terkadang membuat kita harus berpikir lebih keras untuk tetap “melahirkan” media internal berkualitas.

Padahal, apabila kita mampu mengurai satu demi satu “benang” permasalahan yang ada, maka niscaya ragam kesulitan tadi akan sirna dengan sendirinya. Memang, mendukung hal tersebut, diperlukan kesungguhan dari setiap pihak. Dengan komitmen, profesionalitas, tanggungjawab dan tingkat kedisiplinan yang tinggi, maka pengelolaan media internal akan menjadi sangat menyenangkan dan juga mudah. Semudah 1,2,3.

Perlu dipahami pula bahwa untuk menyukseskan keberadaan media internal, faktor pembaca memegang peranan penting. Tanpa pembaca, maka media internal akan menjadi seonggok informasi basi.

Untuk itu, dalam menyajikan informasi, media internal harus tampil semenarik mungkin, baik dari sisi desain maupun isi tulisan. Warnai berbagai informasi penting perusahaan dengan ragam wawasan “pelangi” yang diminati pembaca. Jangan lupa untuk selalu melibatkan pembaca untuk meningkatkan “sense of belonging” mereka. Tak jarang, justru dengan keterlibatan inilah, maka hubungan emosional antara karyawan dengan perusahaan dapat tumbuh subur dan bermuara pada peningkatan kinerja perusahaan secara berkualitas.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat