Tanjung Lesung, Pesona “Nusa Dua” di Ujung Barat Pulau Jawa

Pulau Jawa sebenarnya mempunyai pantai yang mirip dengan pantai di Nusa Dua Bali, yakni pantai di ujung baratnya, Tanjung Lesung. Untuk sampai di sana dari Jakarta membutuhkan waktu sekira 4-5 jam (dengan kendaraan pribadi), karena jaraknya mencapai lebih kurang 180 kilometer. Kawasan wisata Tanjung Lesung berada dalam sebuah komplek seluas lebih kurang 1500 hektare. Di dalam komplek tersedia beberapa pilihan akomodasi, seperti hotel, cottage/villa, beach camp, guest house, homestay, dan lain-lain.

Ada dua alternatif untuk menuju Tanjung Lesung dari Jakarta; pertama dapat melalui tol Jakarta-Merak, keluar di gerbang tol Serang Timur dan menuju Pandeglang, Labuan, Penimbang, kemudian Tanjung Lesung; alternatif lain dapat melewati Cilegon, Anyer, Labuan, Panimbang, dan sampailah di Tanjung Lesung. Jalan raya yang dilalui setelah masuk di Pandeglang tidak terlalu lebar.

Di kanan-kiri jalan terdapat rumah-rumah penduduk, namun ada kalanya juga di pinggir jalan hanya ada hamparan pepohonan kelapa, rumput ilalang, dan rawa-rawa. Tapi semakin mendekati Tanjung Lesung, di belakang pepohonan atau rumah warga sudah terlihat lautan yang terbentang luas. Kalau menempuh perjalanan ke sana pada malam hari dan kondisi langitnya sedang cukup cerah, maka akan dapat melihat bintang-bintang berpijar nun jauh di atas sana.

Panorama Tanjung Lesung masih sangat alami, dengan pasir putih dan karang-karang yang terawat dengan baik, meskipun didatangi banyak pengunjung. Yang menarik di sana adalah kawasan di bagian utara yang menghadirkan tebing yang tidak begitu curam dan membentuk laguna dengan air tenang; kedalamannya mencapai 5 meter di bawah permukaan laut.

Berbagai hotel, resort dan cottage tersedia di kawasan Tanjung Lesung. Jika menginginkan penginapan berfasilitas istimewa maka dapat menyewa resort/cottage, namun tentunya harga per malamnya agak lebih mahal. Sementara, jika ingin meminimalisir pengeluaran maka dapat menyewa homestay yang harganya masih relatif terjangkau.

Fasilitas liburan yang ada di Tanjung Lesung sangat banyak dan menyenangkan. Karena di sana bisa melakukan berbagai aktivitas air, misalkan snorkeling, polo air, water ski, kayak, dan pedal boat. Jika ingin berjemur dan bersantai, tepian pantainya yang berpasir putih adalah tempat yang tepat. Pada sore hari, akan dimanjakan dengan panorama matahari terbenam (sunset) yang indah dan menentramkan hati.

Sedangkan, pada pagi harinya, kegiatan yang dapat dilakukan adalah menikmati sunrise, berenang di kolam renang atau laut di sekitar cottage, maupun hanya sekadar jalan-jalan menikmati pemandangan di sekitar pantai. Di beberapa hotel atau cottage besar di Tanjung Lesung disediakan juga bermacam fasilitas outbond (treasure hunt) untuk tujuan team building.

Selain itu, jika ingin lebih berpetualang di Tanjung Lesung, bisa dilanjutkan menuju Gunung Anak Krakatau dan Ujung Kulon dengan menggunakan speed boat, ataupun jalan ke Pulau Liwungan untuk melihat burung camar. Bagi yang hobi memancing juga dapat melakukannya dengan menyewa speed boat atau perahu nelayan. Lalu, kalau ingin lebih santai, agrowisata salak birus pun dapat dikunjungi untu memetik salak di sana. (Oleh: Ria E. Pratiwi)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat