Tahun Baru Islam

Membuka Lembaran Baru

Tahun baru identik dengan harapan baru, semangat baru, dan juga perubahan/pergerakan ke arah baru. Pembaharuan adalah sebuah keniscayaan, terlebih dalam menghadapi perkembangan dunia digital yang kerap memicu terjadinya disrupsi pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya aspek bisnis.

Tengok saja pertumbuhan aplikasi digital yang mampu menjadi pesaing operator perhotelan maupun transportasi. AirBnB, berhasil hadir sebagai pesaing operator hotel, sedangkan Uber menghadirkan tantangan sengit bagi para pengusaha taksi regular.

Lalu artinya apa? Sebagai pelaku bisnis, kita perlu berpikir jauh ke depan. Tidak berkutat pada lingkaran bisnis bervisi “sempit”. Sangat dibutuhkan kemampuan membaca kecenderungan yang akan terjadi dimasa mendatang, dimana perkembangan dunia digital menjadi katalisator yang sangat mumpuni. Salah satu strateginya adalah dengan terus menghidupkan semangat berinovasi. Inovasi seperti apa yang dibutuhkan? Jawabannya cukup sederhana. Pertama, inovasi harus berkaitan dengan kebutuhan seluruh stakeholder, termasuk pelanggan. Dimana kehadiran inovasi akan mempermudah proses maupun meningkatkan keunggulan optimal terhadap produk/layanan yang ada. Kedua, inovasi harus bersifat ekonomis, artinya mesti memberikan keuntungan secara finansial. Dan terakhir, inovasi sudah semestinya dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat