SUMPAH PEMUDA

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”

Setiap 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Terlepas dari segala perdebatan mengenai detail peristiwanya, semua sepakat bahwa momen itu menjadi bagian penting perjalanan panjang bangsa Indonesia. Sebab, sejak 28 Oktober 1928 ratusan pemuda Hindia Belanda (yang selanjutnya menjadi Indonesia) berkomitmen untuk menjadi bangsa yang satu dan mengabdi pada ibu pertiwi.

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tahun tentu dimaksudkan menjadi pengingat bagi generasi muda Indonesia. Bahwa pendiri bangsa menjunjung persatuan dan kerja keras untuk memakmurkan negerinya. Peristiwa tersebut juga menjadi pesan bahwa pemuda memiliki peran signifikan untuk membangun Indonesia.

Pemuda memiliki peran dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Hal ini salah satunya tercantum dalam Sumpah Pemuda yang turut menjadi tonggak utama pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda yang merupakan ikrar tersebut dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Sebagai calon pemimpin masa depan, pemuda diharapkan bisa terus mengasah diri. Selalu bekerja sama dan mencari solusi atas berbagai masalah di bidangnya masing-masing. Peringatan Sumpah Pemuda diharapkan menjadi inspirasi bagi pemuda untuk dapat melahirkan karya nyata demi kemajuan bangsa, bukan sekadar peringatan seremonial tanpa substansi belaka.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat