Street Gourmet, Bis Restoran Berjalan

Sungguh unik dan menarik, jika berkeliling kota sembari menikmati aneka menu makanan spesial dan minuman yang lezat, nikmat dan berselera tinggi, serta dilakukan dalam waktu dan di tempat bersamaan. Hal itu pasti akan sangat luar biasa dan memberikan sensasi yang berbeda. Adalah Street Gourmet, sebuah pengembangan baru dalam menggabungkan konsep transportasi dan kuliner yang terdapat di kota Bandung.

 

Street Gourmet Bandung

Konsep dasar dari Street Gourmet adalah bis restoran yang mengajak para tamunya untuk menikmati sensasi pemandangan kota Bandung, sambil menikmati sajian kuliner yang dimasak langsung di dalam bis tersebut. Ini merupakan konsep pertama di Indonesia dan memang baru pertama muncul di kota Bandung.

Ide menghadirkan Street Gourmet di Bandung, muncul dari seorang pesepakbola profesional dan pemain aktif sebuah klub besar Persib Bandung Tony Sucipto, bersama rekannya sebagai mantan pemain Persib Bandung, yakni Airlangga Sucipto. Berbekal dari hobi sebagai penggila wisata kuliner di berbagai daerah, kemudian disertai dengan kecintaannya terhadap Kota Bandung, maka mereka bekerja sama membuat sebuah terobosan baru dalam dunia pariwisata kota Bandung khususnya dan Indonesia umumnya.

Dari situlah, kemudian dibuatlah suatu model wisata kuliner Bandung berupa bis yang disulap menjadi sebuah restoran berjalan atau mobile street kuliner. Dengan maksud dan tujuan, sebagai cara baru yang menyenangkan dan memanjakan wisatawan yang datang ke Bandung atau warga Bandung sendiri.

Sejatinya, konsep Street Gourmet sudah lama dikenal di beberapa kota besar di dunia seperti Paris dan Madrid. Kini, para penikmat kuliner bisa mencicipi Street Gourmet di kota Kembang Bandung. Inilah bukti sebuah inovasi serta kreatifitas yang baru dan fresh, dan tentunya mampu memberikan sesuatu hal berbeda dari yang ada sebelumnya.

 

Menikmati Kuliner sambil Keliling Kota

Bis restoran ini memiliki prospek yang bagus untuk sebuah cara berbisnis baru. Dengan memanfaatkan dua model ikon kota Bandung, menjadi sebuah nilai jual dan daya tarik utama yang digabung dengan popularitas wisata kulinernya. Sudah bukan menjadi rahasia umum, jika Bandung terkenal sebagai surga kuliner dan destinasi wisata. Destinasi wisata ini, ditujukan untuk wisatawan luar Bandung yang datang ke Bandung dan bisa menikmati Bandung sambil berkeliling Bandung. Namun, tentu saja boleh juga dinikmati oleh wisatawan asal Bandung yang ingin berwisata Bandung dengan cara berbeda.

Meskipun berada di dalam restoran berjalan berupa bis, wisatawan atau pengguna Street Gourmet ini tidak perlu khawatir dan takut tidak bisa menikmati hidangan makanan yang tersaji dengan aman dan nyaman. Bis ini hanya dipacu dalam kecepatan 30 kilometer/jam, ketika membawa pengunjung untuk mengelilingi jalanan menyusuri tempat-tempat wisata terbaik kota Bandung selama 1,5 – 2 jam sesuai rute yang telah ditetapkan. Sehingga, pengunjung pun akan tetap merasa aman dalam menikmati kenyamanan ketika menyantap hidangan makanan yang dipesan.

Untuk pelayanannya sendiri, restoran berjalan ala Street Gourmet Bandung ini menggunakan istilah ”fresh from the oven”. Artinya, pelayanan yang mengutamakan kecepatan dalam penyajian pesanan makanan kepada pengunjung, dengan kualitas bahan makanan yang fresh dan dijamin masih segar dan halal. Sementara itu, layanan yang tak kalah menariknya dari Street Gourmet Bandung ini adalah adanya guide tour di dalam bis. Guide tour inilah yang akan menemani perjalanan wisata kuliner sambil keliling kota Bandung, dengan menjelaskan serta menceritakan daerah atau lokasi di kota Bandung yang dilewati restoran bis tersebut.

Street Gourmet juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti bangku yang nyaman dan empuk, penyejuk udara, televisi layar lebar, wifi, dan fasilitas karaoke. Selama perjalanan, akan ada juga pemutaran film dokumentasi tentang Bandoeng Tempo Doeloe.

Untuk bisa menikmati semua fasilitas tersebut, biaya yang harus disiapkan sebesar Rp300.000 untuk dua orang atau Rp600.000 untuk 4 orang. Soal menu makanan, Street Gourmet telah menyediakan penganan dengan berbagai cita rasa, mulai dari makanan tradisional, seperti Batagor, Colenak, Soto Bandung, dan Nasi Bakar Pasundan. Ada pula menu lainnya seperti salad, potato soup, dan tiramisu.

Bila ingin menjajal Street Gourmet, Anda harus benar-benar mengatur waktu sebaik-baiknya untuk bisa menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan bis. Sebab, kini baru ada satu bus yang melayani pelanggan Street Gourmet dengan jadwal keberangkatannya, setiap pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB, 15.00 WIB, dan 18.00 WIB. Selain itu, Street Gourmet juga menyediakan paket bagi perusahaan atau organisasi yang ingin menyewa penuh. Bagi para penikmat wisata dan kuliner, sepertinya Anda patut mencoba tawaran berkeliling Bandung sekaligus menyantap hidangan khasnya dalam waktu bersamaan. (Oleh: Abdullah Baradja)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat