STRATEGI MENJAWAB TANTANGAN

Dalam menjalankan tugas-tugasnya, seorang Humas harus mampu menghadapi tantangan yang menghadangnya. Tantangan tersebut bisa diantisipasi melalui riset,  perencanaan, manajemen krisis yang baik, aksi-komunikasi, dan evaluasi. Tantangan yang dihadapi seorang Humas yang pertama adalah Pertumbuhan Teknologi Komunikasi. Tidak bisa dipungkiri, pertumbuhan Teknologi Komunikasi yang semakin pesat menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Humas. Pertumbuhan teknologi komunikasi ini berdampak pada penyebaran informasi baru yang semakin cepat dan luas. Anda sebagai seorang Humas harus mampu beradaptasi sekaligus mengaplikasikan budaya baru berbasis digital dan virtual yang semakin luas semakin berkembang.

Kedua, Pengaruh Media Massa. Media Massa memiliki kemampuan untuk membangun citra di benak publik serta mampu membentuk pendapat dan persepsi mereka. Media melalui isi pesan melaksanakan strategi pembingkaian, yang menyoroti aspek-aspek tertentu dan mengabaikan aspek-aspek lain dalam memandang kenyataan. Dari sini, anda sebagai Humas harus bisa mengimbangi berita-berita yang muncul ke permukaan publik dan memberikan counter berupa berita tandingan, apabila berita yang diberitakan oleh media telah menyudutkan dan merugikan perusahaan anda.

Ketiga, Tingkat Pendidikan, Kelas Sosial, Demografi dari khalayak yang berbeda-beda keinginan publik yang semakin beragam, serta banyaknya permintaan-permintaan publik yang belum bisa dipenuhi oleh perusahaan, juga menjadi tantangan seorang Humas. Humas harus mampu menyeragamkan informasi untuk publiknya. Dengan memberikan edukasi, program-program Humas, serta tanggung jawab sosial yang baik agar mendapatkan kepercayaan dari publik.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat