SPORT CAR Dari Performa Hebat Hingga Disain Yang Eksotis

Jika Anda memperhatikan kendaraan jenis sport car maka kendaraan tersebut akan terlihat berbeda dengan jenis mobil lainnya. Sport car ini merupakan kendaraan yang memadukan handling yang mantap, performa mesin yang sangat bertenaga ditambah dengan disain yang eksotis.

Para maniak kecepatan sangat menyukai kendaraan jenis ini. Karena selain untuk memacu adrenalin juga menyalurkan hasrat untuk menggeber kendaraan eksotis ini. Tidak heran jika para pabrikan otomotif dunia seperti yang berada di Italia, Inggris, Jerman, Amerika serta Jepang seakan berlomba mengeluarkan produk sport car. Dan beberapa tahun belakangan ini kendaraan yang mempunyai harga terbilang fantastis ini banyak terlihat warawiri di dalam kota.

Sport car biasanya menggunakan mesin berkapasitas besar dengan mengadopsi teknologi terkini. Misalnya Teknologi AWD (all wheeldrive) yang banyak diaplikasikan

pada sport car keluaran terbaru. Teknologi ini memungkinkan kendaraan secara otomatis mendistribusikan power ke roda yang bertraksi paling besar.

Untuk urusan harga kendaraan jenis ini mempunyai harga yang fantastis, sehingga hanya segelintir orang saja yang mampu untuk memilikinya. Apalagi kini kebanyakan sport car mempunyai disain yang futuristik, mengadopsi teknologi canggih serta dilengkapi beragam fasilitas hiburan di dalamnya. Meski begitu tetap saja handling serta performa mesin merupakan hal yang penting dalam memilih sebuah kendaraan sport car.

Untuk dapur pacunya sport car menggunakan mesin berkapasitas besar, antara 3000 hingga lebih dari 5000 cc. Pemilihan mesin ini tentunya didasari dengan besarnya tenaga yang dihasilkan untuk memacu kendaraan eksotis ini. Namun begitu, kendaraan jenis ini terbilang boros untuk penggunaan bahan bakarnya. Tidak itu saja, sport car juga telah mencangkokkan beragam teknologi seperti EBD (Electronic Break Force Distribution), dual airbags, side curtain airbags, rollover protection system, full-time all-wheel drive hingga stability electronic control. Selain itu, untuk transmisinya ada beberapa pilihan mulai dari transmisi 6 kecepatan manual hingga transmisi 7 kecepatan gearbox kopling ganda.

Beberapa merek sport car menjadi primadona bagi para penggila kendaraan berdisain eksotis tersebut. Sebut saja Ferrari 599 GTB Fiorano, Porsche 911 Turbo, Audi R8 Spyder, Mercedes-Benz AMG SLS, Aston Martin One-77, Lexus IS-F, Honda Acura NSX, Dodge Viper SRT-10. Atau mungkin menginginkan sport car dengan disain elegan dan mewah, Anda bisa memilih Bentley Continental GT. Sport car empat pintu ini terlihat anggun serta ruang dalam yang dirancang dengan nuansa mewah. Semua ini tentunya akan menambah prestise para penggunanya.

Sport car ini dilengkapi mesin turbocharged W12 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 621 Bhp dan menghasilkan torsi sebesar 590 ft-lb. Untuk menyalurkan tenaga sebesar itu ke roda, Bentley mengadopsi transmisi triptonic 6 percepatan ZF 6HP26A. Bentley Continental GT merupakan sport car dengan four-seat tercepat di dunia. Untuk menempuh 0 hingga 100 km/jam, sedan buatan Inggris ini ‘hanya’ memerlukan waktu 3.9 detik.

Perpaduan handling yang mantap, performa mesin yang dahsyat, disain yang eksotis serta mewah menjadikan sport car pilihan para maniak kecepatan serta para kolektor sedan mewah.

(Oleh: Chairudi Barata)

 

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat