Mau Jadi Jurnalis? Nih! Skill yang Harus Dimiliki

Jurnalis merupakan profesi yang sudah eksis sejak awal perkembangan media massa. Bertugas memberikan informasi mengenai peristiwa, isu terkini, sampai liputan mendalam (indepth), seorang jurnalis tentu memiliki sejumlah privilege

Seorang jurnalis punya akses luas–memanfaatkan circle relasi–dalam menjangkau pihak-pihak yang terkait dengan informasi yang tengah mereka dalami. Profesi jurnalis juga memungkinkan seseorang berkenalan atau sekadar bersua muka dengan tokoh/public figure. Selain itu, seorang jurnalis juga berkesempatan ditugaskan keluar daerah bahkan keluar negeri. Eits, tapi bukan dalam rangka jalan-jalan ya! Peliputan tetap jadi nomor satu. 

Nah… Sebelum menggeluti profesi jurnalis, ada beberapa skill nih yang perlu kamu dikuasai. Apa saja? berikut selengkapnya. 

1. Kemampuan Komunikasi 

Seorang jurnalis akan bertemu banyak narasumber dan orang-orang yang menjadi sumber berita kamu. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, termasuk didalamnya; public speaking, lobi, wawancara, dan aspek interpersonal lain. 

2. Kemampuan Menulis

Menulis (writing) merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis. Namanya juga jurnalis, ya tugasnya menulis dong. Kamu harus bisa menulis di berbagai media; cetak, koran, elektronik seperti televisi, maupun media digital

3. Kemampuan Fotografi dan Videografi

Bukan cuma jago nulis, seorang jurnalis juga dituntut bisa menghasilkan rekaman peristiwa berbentuk foto maupun video. Media foto dan video dapat digunakan sebagai bukti (evidence) dari berita yang kamu buat. 

Oleh karena itu, kamu harus bisa memotret gambar yang menceritakan dan bisa mewakili berita yang tengah digarap. 

4. Manajemen Waktu

Pekerjaan seorang jurnalis jauh berbeda dari seorang PNS yang masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore. Sebuah peristiwa bisa terjadi kapan saja, tidak peduli pagi, siang, sore, malam atau bahkan dini hari. Maka, seorang jurnalis dituntut punya manajemen waktu yang baik agar aktivitas liputan berjalan efektif dan efisien. 

5. Wawasan Luas

Dalam melakukan liputan, seorang jurnalis akan berhadapan dengan banyak narasumber dari berbagai latar belakang. Agar proses penggalian informasi lancar, kamu harus punya modal pengetahuan luas. 

6. Mampu Beradaptasi 

Kemampuan beradaptasi bukan cuma mutlak dibutuhkan oleh seorang manusia dalam bertahan hidup. Skill ini juga perlu diterapkan dalam profesi jurnalis. Dalam melakukan tugasnya, seorang jurnalis harus siap ditempatkan dimana saja. Disinilah kemampuan beradaptasi dibutuhkan agar tugas dapat selesai dengan hasil maksimal. 

7. Rasa Ingin Tahu 

Rasa ingin tahu akan mendorong seorang jurnalis selalu antusias mencari informasi sedetail mungkin dari narasumber. Informasi yang jelas akan membuat pembaca berita mendapat informasi yang lebih lengkap. 

8. Mengikuti Info-Info Terkini

Jadi seorang jurnalis dituntut peka terhadap perkembangan isu, tren serta apa sih yang lagi ramai diperbincangkan oleh publik. Sebab, hal-hal tersebut dapat diangkat sebagai konten pemberitaan. 

Kebanyakan jurnalis kini memiliki beberapa akun media sosial (medsos). Tak jarang melalui medsos para jurnalis memperoleh informasi atau info apa yang tengah ramai dibahas. 

Nah, itulah beberapa kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang jurnalis dalam mendukung pekerjaannya. Gimana? tertarik jadi jurnalis? 

Photo: https://cakratara.com/

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published.

WhatsApp chat