Siapkan “Bekal” Sebelum Bulan Ramadhan

Tanpa terasa kita sudah memasuki bulan Sya’ban, itu pertanda bahwa bulan depan kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, pahala, dan kebaikan. Bagaimana pun keadaan kita, siap atau tidak siap, maka bulan Ramadhan pasti akan datang. Tentunya, beruntunglah bagi orang yang telah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, karena dengan persiapan tentu saja hasilnya akan lebih baik. Berikut beberapa persiapan yang harus kita persiapkan menyambut bulan Ramadhan.

Pertama, persiapan secara Ruhiyah (Keimanan) berupa pengendalian diri sejak sekarang untuk tidak melakukan maksiat, seperti menjaga pandangan, dan lain-lain. Semoga dengan kebiasaan untuk menahan diri pada bulan Sya’ban, akan memudahkan kita menahan diri di bulan Ramadhan agar ibadah puasa kita menjadi sempurna. Kedua, persiapan secara Jasadiyah (Jasmani) perlu kita jaga agar senantiasa dalam kondisi sehat wal afiat, seperti berolahraga secara rutin. Sangat disayangkan ketika tiba bulan Ramadhan, kita dalam kondisi sakit, sehingga kita tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlipat.

Ketiga, persiapan secara Tsaqafiyah (Keilmuan) yaitu kita memahami tata cara ibadah yang benar, agar meraih pahala. Sebab, jika suatu ibadah tidak ditunjang dengan ilmu yang baik, ibadahnya akan tertolak bahkan tidak mendapatkan pahala sama sekali. Persiapan ilmu ini bisa didapat dengan cara membaca atau menghadiri majelis taklim yang membahas tentang Ramadhan. Kemudian terakhir, persiapan secara Maaliyah (harta), yaitu yang dimaksud bukanlah persiapan harta untuk buka puasa, tetapi untuk sedekah. Sebab, sedekah di bulan Ramadhan akan mendapat ganjaran yang berlipat-lipat. Semoga ibadah Ramadhan tahun ini menjadi lebih baik dengan persiapan yang lebih matang.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat