Sejarah Munculnya Zodiak

Selama ini kita mengenal adanya zodiak, namun bagaimana awal mula kemunculan zodiak yang sampai hari ini digunakan sebagai media ramalan zodiak. Zodiak dari kata Yunani Zoodiacos Cyclos yang artinya Lingkaran Hewan adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika.

 

Walaupun berasal dari bahasa Yunani, ada juga yang mengatakan bahwa sistem zodiak ini diciptakan oleh bangsa Mesir Kuno sekitar abad ke-4 Sebelum Masehi (SM). Bangsa Yunani Kuno menggunakan lingkaran ini sebagai simbol satu tahun yang merujuk pada 12 rasi bintang. 12 rasi bintang ini merupakan lambang dari hewan atau pahlawan yang penting dalam cerita-cerita Yunani, yang akhirnya menjadi simbol dari setiap zodiak, yakni Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, dan Sagitarius.

 

Dari 12 rasi bintang tersebut ternyata dibagi lagi menjadi empat kelompok, yaitu api, air, udara, dan bumi. Pada kelompok lambang api terdapat Aries, Sagitarius dan Leo. Sedangkan kelompok lambang air terdapat Cancer, Scorpio dan Pisces. Dalam kelompok udara terdapat Libra, Aquarius, dan Gemini. Dan kelompok lambang bumi terdapat Capricorn, Taurus, dan Virgo.

 

Oleh karena itu, seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir pada awal Desember akan berzodiak Sagitarius, karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat