Sejarah Content Marketing (Bagian I)

Kehadiran content marketing dalam dunia pemasaran disebut-sebut sebagai senjata ampuh dunia pemasaran digital yang efektivitasnya melampaui pemasaran tradisional. Akan tetapi, tahukah Anda content marketing telah dilakukan sejak berabad-abad lalu?

Dilansir dari website Grid.id, jika dirunut sesuai sejarah, praktik content marketing sebenarnya telah diimplementasikan sejak abad ke 16.

Diketahui pada tahun 1732, Benjamin Franklin mempromosikkan percetakannya dengan menerbitkan majalah tahunan dengan judul Poor Richard’s Almanak.

Lalu Librairie Galignani, sebuah toko buku di paris mempekerjakan beberapa orang content strategist pada 1801, untuk menerbitkan buku dan koran dari beberapa penulis berpengaruh  sebagai upaya memperluas bisnis.

Kemudian, Scribner’s Magazine diterbitkan oleh putra Charles Scribner pada 1887.  Berisikan kisah hidup dari penulis-penulis hebat yang menulis untuk perusahaan penerbitan miliknya, diterbitkan bulanan, dan belakangan malah menjadi sebuah penerbitan berkala yang menguntungkan

Selanjutnya, guna membantu penjualan plesternya dikalangan dokter, Johnson & Johnson pada 1888, merilis sebuah publikasi bertajuk Modern Methods of Antiseptic Wound Treatment.

 

 

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat