Sebelum Deal, Cek Dulu Status Lahannya!

Sebelum tergiur untuk membeli atau berinvestasi terhadap tanah, penting bagi Anda untuk mengecek status tanah. Mengapa demikian? Tak sedikit orang yang tertipu atau tidak puas atas pembelian tanahnya.

Oleh karenanya, sebelum memutuskan membeli, Anda perlu mengecek legalitas tanah terlebih dahulu. Beberapa langkah yang bisa diambil dalam mengecek legalitas tanah antara lain;

  1. Cek Lokasi Tanah 

Lakukan cross check tanah yang akan dibeli. Pastikan lokasi tanah di sertifikat sama dengan yang berada di lapangan. Pastikan juga tanah tersebut tidak sedang dalam proses gugatan di pengadilan. 

  • Pastikan Keaslian Sertifikat di BPN

Untuk memastikan keaslian sertifikat, Anda dapat membawa dokumen ke kantor Badan Pertanahan Nasional setempat. Syarat yang harus dipenuhi untuk memeriksa keaslian sertifikat tanah di BPN antara lain:

  1. Sertifikat asli
  2. Formulir pengecekan sertifikat yang sudah diisi (disediakan di kantor BPN)
  3. Fotokopi KTP pemilik sertifikat
  4. Surat kuasa jika yang mengurus masalah ini adalah PPAT.
  • Sesuaikan Ukuran Tanah

Pastikan luas tanah yang kita ukur sama dengan yang ada di Surat Ukur pada sertifikat. Untuk mengecek kesesuaiannya bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Di sana akan terdeteksi posisi koordinat tempat tanah berada. Cocokkan dengan data koordinat di sertifikat. Pastikan datanya sama. Jika pun beda, selisihnya pasti sedikit saja.

Kalau semua data tersebut terpenuhi dan sesuai, maka selamat! Anda bisa bernapas lega sekarang, sebab status tanah yang dibeli dapat dipastikan keamanan dan keaslian legalitasnya.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat