REOG – Indahnya Warisan Budaya Indonesia

Seni Reog, sebuah kesenian khas yang menjadi ikon daerah Ponorogo. Sebagai sebuah warisan budaya asli Indonesia, Reog memadukan keindahan gerak tari dimana setiap gerakannya penuh semangat dan selaras dengan irama yang mengiringinya. Di era modern seperti sekarang ini, Reog biasanya dipentaskan pada beberapa peristiwa macam pernikahan, khitanan ataupun hari-hari besar Nasional. Seni Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian 2 sampai 3 tarian pembukaan.

Reog Ponorogo

Tarian pertama biasanya dibawakan oleh beberapa pria dengan pakaian serba hitam, dengan muka dipoles warna merah. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani. Ada pula tarian yang dibawakan oleh beberapa gadis yang menaiki kuda. Tidak ketinggalan singa barong, dimana sang penari memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Topeng yang mempunyai berat berkisar 50 – 60 kg ini dibawakan oleh sang penari dengan menggunakan giginya. Oleh karena itu tidak semua penari dalam Reog Ponorogo dapat membawa topeng tersebut, karena selain diperlukan latihan yang berat, sang penari juga diharuskan untuk latihan spritual seperti puasa.

Reog Ponorogo sendiri menceritakan kisah tentang seorang Raja Ponorogo yang bernama Raja Kelono yang berniat melamar putri yang berasal dari Kediri bernama Dewi Ragil Kuning. Sang Raja pun kemudian pergi ke Kediri bersama wakilnya yang bernama Bujang Anom serta dikawal oleh warok (didalam tarian pria yang memerankannya berpakaian hitam-hitam). Warok ini mempunyai kesaktian berupa ilmu hitam yang mematikan. Namun ditengah perjalanan ia dihadang oleh Raja Singabarong dari Kediri. Raja Singabarong membawa bala tentaranya yang terdiri dari merak dan singa. Kisah ini kemudian diceritakan dalam sebuah tarian yang disajikan dengan sangat indah. Ini semua mencerminkan keanekaragaman kebudayaan yang ada di Indonesia. (dari berbagai sumber)

 

Integriti Publishing

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat