Raih Sukses dengan Good Attitude

Skill (keterampilan), knowledge (pengetahuan)dan attitude (sikap), adalah tiga kompetensi yang harus dimiliki dan dijaga oleh setiap orang, khususnya untuk meraih kesuksesan di dunia kerja. Di antara ketiga hal itu, yang dapat memberi peluang sukses dalam dunia kerja adalah attitude yang baik dan sesuai harapan perusahaan tempat bekerja. Sebab, attitude mempunyai porsi yang lebih banyak dalam membentuk karakter seseorang daripada skill atau knowledge.

Dari sebuah penelitian di Amerika, 90% kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi cenderung disebabkan oleh perilaku buruk, seperti tidak bertanggung jawab, tidak jujur, maupun hubungan interpersonal yang buruk. The Carnegie Institute juga menganalisis catatan 10.000 orang, dan menyimpulkan bahwa 15% kesuksesan berkaitan dengan pelatihan teknis dan 85% selebihnya adalah masalah kepribadian dan sikap.

Attitude yang ditunjukan oleh pekerja dapat mencerminkan bagaimana perusahaan itu akan dikelola dan bagaimana sikap pekerja bila menghadapi permasalahan di dalam perusahaan. Attitude menjadi peran penting bagi kemajuan suatu perusahaan, di mana sumber daya manusia (SDM) merupakan aset terpenting.

Selain itu, karyawan suatu perusahaan juga dapat mencerminkan produk maupun brand image perusahaan tersebut. Bayangkan, bila attitude pekerja dan karyawan buruk, tentu saja akan mempengaruhi bagaimana citra perusahaan di mata para stakeholder-nya. Makanya, pihak perusahaan tidak hanya menilai karyawan dari segi kinerja saja, melainkan juga dari attitude yang dimilikinya. Perusahaan pun akan lebih mempertahankan karyawan yang memiliki attitude bagus, dibandingkan mereka yang berkinerja baik namun memiliki sikap buruk.

Jadi, dengan good attitude, kemungkinan besar seseorang karyawan akan mudah mendapatkan kesuksesan dalam karirnya. Lantas, attitude apa saja yang sebaiknya dipunyai setiap karyawan? Simak di bawah ini.

Jadilah orang yang menerima kritik

Segala sesuatu yang rekan Anda katakan tidak selalu negatif atau akan membuat Anda bersedih. Terimalah apa yang mereka katakan mengenai kinerja Anda pribadi. Percayalah bahwa mereka memiliki niat membantu Anda menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas di kantor dengan lebih baik lagi.

Perhatikan bahasa tubuh

Penting untuk Anda pahami bahwa postur seorang profesional menunjukkan banyak tentang sikapnya. Seorang profesional dengan postur lurus menunjukkan bahwa mereka penuh perhatian dan antusias tentang pekerjaannya. Di sisi lain, menjadi ceroboh atau duduk dengan tangan disilangkan menunjukkan bahwa Anda kaku dan tidak terbuka untuk menerima saran.

Menghargai waktu

Apakah itu berarti Anda memenuhi tenggat waktu (deadline) atau selalu hadir tepat waktu di tempat kerja? Tentu saja. Karena menjadi tepat waktu sangatlah penting dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Memastikan bahwa Anda memenuhi tenggat waktu tidak hanya akan membantu mengembangkan suasana kerja bebas stres, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda berkomitmen penuh terhadap pekerjaan.

Rasa hormat

Rasa hormat bukan semata-mata cara karyawan berinteraksi dengan atasan. Karyawan juga harus memiliki sikap hormat saat berinteraksi dengan klien dan rekan kerja. Karyawan dengan sikap ini bersedia memperlakukan orang lain dengan sopan dan profesional, bahkan jika mereka tidak setuju dengan sudut pandang orang lain.

Kebanggaan

Karyawan yang memiliki kebanggaan akan profesinya pasti bekerja lebih keras. Rasa kebanggaan membuat seseorang selalu melakukan dan mempersembahkan yang terbaik.

Komitmen

Komitmen membuat seorang karyawan bersedia melakukan apa pun untuk memenuhi tugas dan posisi mereka demi kemajuan perusahaan.

Inovatif

Ide adalah sesuatu yang mahal. Karyawan inovatif akan mencoba sesuatu yang baru atau menemukan cara yang beda untuk melakukan sesuatu. Perusahaan membutuhkan orang-orang yang berpikir out of the box .

Mau menolong

Penting untuk memiliki attitude ini di tempat kerja baik itu membantu klien maupun rekan kerja demi mencapai tujuan perusahaan. Semakin besar kemurahan hati Anda untuk menolong orang lain, makin disukai dan makin dekat Anda pada kesuksesan.

Selain itu, attitude yang baik dapat dirumuskan dalam tiga kata pula. Yaitu, senyum, terima kasih, dan maaf. Tiga hal tersebut sederhana, tapi ketika diimplementasikan di dunia kerja efeknya akan luar biasa. Karena kalau Anda sering melakukan tiga hal ini, tentunya pekerjaan akan berjalan lebih mudah dan menyenangkan. Dengan begitu, Anda akan semangat bekerja setiap harinya, lebih produktif, dan ujung-ujungnya karir Anda pun dapat lebih sukses. (Oleh: Ria E. Pratiwi)

integriti

One Response to “Raih Sukses dengan Good Attitude

  • Akbar Naufal
    2 years ago

    Saya sependapat dengan artikel ini, sikap merupakan ujung tombak dalam sebuah tim
    dalam pekerjaan. terkadang sikap dijadikan nomor sekian, karena lebih mementingkan
    keterampilan dan hal lain, tapi menghilangkan atau melupakan hal yang begitu penting
    dalam aspek bekerja yaitu sikap.

    Nice info

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat