Ragam Teh dan Manfaatnya

 

Teh merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia, karena selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan, penyajiannya pun sangat beragam. Selain itu, teh dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Dengan kandungan antioksidan, mengonsumsi teh dapat melindungi anda dari manfaat buruk yang dihasilkan polusi. Teh yang dikonsumsi secara teratur juga dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, menguatkan tulang, menjaga system imun, hingga mengurangi resiko kanker.

Dari berbagai jenis teh yang kita kenal, masing-masing memiliki khasiat yang berbeda-beda. Perbedaan jenis ini terletak dari cara pengolahan daun teh setelah panen ataupun kombinasi bahan dari penyeduhan teh. Yuk simak beragam khasiat dari berbagai jenis teh berikut ini:

  1. Teh Hijau

Kandungan epigallocatechin gallate yang ada dalam teh hijau merupakan zat kimia yang dapat mencegah usus untuk menyerap gula dan lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Selain itu antioksidan didalamnya juga dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari efek penuaan.

  1. Teh Oolong

Teh tradisional asli dari negara Cina ini memiliki manfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan mengurangi kolesterol dalam tubuh. Teh Oolong ini memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan dan memberikan efek yang nyaman dan tenang saat dikonsumsi.

  1. Teh Rooibos

Jenis teh yang bebas dari kaffein ini memiliki banyak kandungan vitamin , mineral, dan antioksidan, yang berkhasiat untuk meringankan stress, meredakan gejala asma, dan membantu mengatasi masalah insomnia.

  1. Teh Jahe

Seperti namanya, jenis teh yang satu ini memiliki unsur hangat yang berasal dari potongan jahe. Teh jahe ini berkhasiat menghilangkan rasa mual karena efek hangat yang dihasilkan dari jahe. Selain itu teh ini juga dapat melancarkan system pencernaan. Teh jahe juga mengandung anti-inflamasinya yang berguna bagi penderita artritis.

  1. Teh Chamomile

Teh ini memiliki kandungan dari tanaman bunga Chamomile. Dengan aroma yang sangat harum dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Uniknya kandungan yang ada dalam bunga Chamomile dapat membantu memperbaiki masalah gigi, kram otot, dan membantu meredakan pembengkakan pada kulit yang iritasi.

  1. Teh Lavender

Teh yang terbuat dari bunga lavender ini juga memiliki kandungan penenang yang membuat tubuh menjadi rileks dan tidur lebih nyenyak. Seperti bunganya yang berkhasiat memberikan ketenangan karena keharumannya, teh lavender dapat meringankan gejala depresi ringan. Teh lavender juga dapat membantu mengatasi masalah pernapasan, batuk, asma, bronchitis, dan juga dapat menurunkan demam.

  1. Teh Peppermint

Apabila usus anda mengalami iritasi, maka teh peppermint bisa menjadi solusinya. Kandungan mentolnya dapat melemaskan otot-otot yang ada dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, gangguan seperti maag dan gangguan pencernaan juga dapat diobati dengan mengonsumsi teh peppermint.

 

*dari berbagai sumber

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat