Puasa = Sehat

“Berpuasalah, maka kamu akan sehat”. Kalimat tersebut merupakan hadits Nabi Muhammad SAW yang secara ilmiah menyebutkan bahwa dengan berpuasa kita akan memperoleh manfaat berupa sehat jasmani, rohani dan sosial.

Secara sehat jasmani, puasa sebagai dasar latihan untuk menahan makan dan minum. Saat kita berpuasa, alat pencernaan diperintahkan untuk istirahat sebentar. Dengan memberikan kesempatan kepada perut untuk istirahat, sebagaimana memberikan kesempatan pada mesin untuk diistirahatkan supaya tidak cepat rusak.

Kemudian, jika dilihat secara rohani, puasa dapat mendidik manusia berakhlak, teguh memegang amanah, jujur dan disiplin. Selain itu, berpuasa akan menumbuhkan sifat sabar, tidak mudah putus asa, dan melatih manusia berjuang mengalahkan hawa nafsunya sendiri.

Sedangkan secara sosial, rasa lapar dan dahaga akibat puasa, akan menanamkan jiwa sosial yang kuat. Melalui puasa, kita diajarkan pengalaman sebagaimana yang dirasakan oleh fakir miskin atau kaum dhu’afa yang siang malam mengalami kelaparan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat