Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memulai Content Marketing!

Content marketing kini diyakini sebagai kegiatan pemasaran yang efektif dalam dunia bisnis. Bahkan, laporan tahunan Marketing Institute dan MarketingProfs strategi pemasaran konten ini sangat membantu pemasar untuk menjadi lebih baik dan berkembang. Hal ini juga didukung dengan kemajuan teknologi dan pendekatan content marketing yang mampu mencapai sasaran pasar yang beragam.

Namun untuk mencapai efektivitas content marketing yang menghasilkan keuntungan tentu tidak mudah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai strategi pemasaran ini, diantaranya :

  1. Target Audiens

Dalam setiap strategi marketing, landasan penting yang perlu dipahami adalah target pasar. Pembuat konten harus memahami karakter audience-nya, kebiasaan mereka dalam menggunakan internet serta yang paling penting, masalah yang mereka hadapi khususnya yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Dari sini, pembuat konten bisa merumuskan strategi konten seperti apa yang bisa membantu audience­-nya dalam mengambil keputusan untuk membeli.

  1. Media

Setelah memahami kebiasaan target dan dimana biasanya mereka mencari informasi, Anda perlu menentukan media yang akan manfaatkan.

  1. Jenis konten yang menarik

Ada banyak jenis content marketing yang bisa diciptakan. Tidak terbatas pada konten artikel saja, Anda juga bisa membuat podcast, eBook, e-magazine, infografis hingga video.

Dilansir dari HubSpot, video kini menjadi prioritas pembuat content marketing. Menurut laporannya sebesar 48% pemasar memiliki kanal Youtube dan 46% menambahkan video facebook dalam strategi marketing di tahun 2018. Untuk membuat video yang menarik, Anda bisa memanfaatkan smartphone, tripod atau pun seorang videografer.

  1. Tren

Sebagi pembuat konten, Anda perlu mengenal topik yang sedang ramai dibicarakan audience ketika berinteraksi di media online atau topik yang biasanya menarik mereka. Sehingga Anda dapat menciptakan konten yang memiliki koneksi dengan para audience.

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat