Penuh Fleksibilitas Menuju Tujuan Utama #RamadhanSeries10

Agama Islam merupakan rahmat untuk alam semesta. Salah satu bentuk rahmat tersebut tergambar dengan jelas pada fleksibilitasnya. Meski agama Islam memiliki aturan yang sangat tegas, namun disisi lain fleksibilitas menjadi warna tersendiri yang menjadikan agama Islam sangat sempurna dan elegan.

Salah satu contohnya adalah ketegasan dan fleksibilitas dalam menjalankan shalat. Agama Islam secara tegas memerintahkan seluruh umat Islam untuk selalu menjalankan kewajiban shalat 5 waktu. Tidak ada satu penyebab pun yang mengijinkan umat Islam untuk meninggalkannya. Namun, disisi lain, dalam rangka menjalankan ibadah shalat, ada sejumlah fleksibilitas yang dapat dilakukan. Buktinya, apabila seseorang dalam kondisi sakit, maka dirinya diperkenankan untuk melakukan shalat dalam kondisi duduk-apabila tidak sanggup berdiri, dalam kondisi tidur-apabila tidak sanggup duduk, dan menggunakan isyarat apabila kondisi tubuhnya tidak memungkinkan bergerak secara terbatas.

Demikian pula dengan ibadah puasa. Ada beberapa fleksibilitas/kemudahan dalam menjalankan puasa. Keringanan menjalankan puasa diberikan kepada wanita yang sedang hamil atau menyusui, dan juga kepada orang yang sedang sakit atau mereka yang memiliki pekerjaan berisiko tinggi/mengandalkan fisik.

Fleksibilitas ini sudah sepatutnya diimplementasikan pula dalam proses pemasaran, yaitu dengan mengadaptasi konsep omnichannel marketing. Omnichannel marketing, salah satunya dilaksanakan dengan menghadirkan keleluasaan dan fleksibilitas bagi warganet untuk melakukan interaksi dengan merek/brand melalui ragam channel yang ada, diantaranya offline dan online. Warganet dapat berpindah sesuka hati dari offline dan online tanpa kehilangan sedikitpun pengalaman yang menyenangkan. Fleksibilitas akan memudahkan warganet untuk selalu terkoneksi dengan merek/brand, sehingga pada gilirannya dapat menciptakan loyalitas terhadap merek/brand tertentu. Apabila demikian, maka tak berlebihan apabila fleksibilitas merupakan sebuah keniscayaan yang mesti dihadirkan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat