Nikmatnya Soto Sokaraja Dan Tempe Mendoan

Jika Anda melintas kota Purwokerto, Jawa Tengah, tidak ada salahnya untuk singgah sejenak mencicipi beragam kuliner di kota ini. Anda bisa mencoba Soto Sokaraja yang gurih atau tempe mendoan yang nikmat.

 

Soto Sokaraja

Gambar terkaitSoto Sokaraja atau yang lebih dikenal oleh orang Banyumas dengan sebutan Sroto Sokaraja merupakan salah satu makanan khas Banyumas yang patut dicoba. Berbeda dengan makanan soto dari daerah lain, salah satu ciri khas yang membedakan Soto Sokaraja dengan soto lainnya adalah penggunaan ketupat dan sambel yang terbuat dari kacang. Sambel kacang ini tidak terlalu pedas, sehingga walaupun kita membubuhkan banyak sambel kacang, tidak akan terasa terlalu pedas.

Selain sambel kacang, ciri khas lainnya adalah krupuk yang digunakan adalah krupuk cantir yang berbahan dasar ketela pohon. Bentuk krupuk ini hampir sama dengan krupuk untuk soto seperti yang ada sekarang ini, berwarna merah dan putih, namun memiliki rasa yang khas. Sayangnya krupuk cantir ini sudah sangat jarang ditemukan dewasa ini.

 

Tempe Mendoan

Hasil gambar untuk tempe mendoanTidak lengkap rasanya jika mampir ke kota ini tanpa membawa mendoan. Kuliner khas ini bisa dicari hampir di setiap sudut Kota Purwokerto.  Salah satunya ada di pertokoan Sawangan yang selalu menjadi rujukan para pelancong yang datang ke Purwokerto. Selain yang digoreng matang, toko oleh-oleh juga menjual mendoan mentah. Satu paket berisi 10 bungkus mendoan, satu plastik tepung, bumbu, dan sambal kecap. (dari berbagai sumber)

 

 

——————————–

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat