Nikmatnya Mencicipi Kuliner Khas Medan

Tiap daerah pastilah memiliki citarasa kuliner yang khas. Begitu pula halnya dengan Medan. Singgah ke kota ini pastinya kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner yang ada disini. Untuk mencarinya pun tidak terlalu sulit, penjaja makanan khas Medan banyak tersebar di pusat kota Medan. Seperti diketahui jika Medan merupakan salah satu kota besar yang sangat menarik dan memiliki tempat-tempat wisatanya yang menakjubkan. Berikut beberapa makanan khas Medan yang bisa kita coba langsung ataupun dijadikan oleh-oleh bagi keluraga dirumah.

Menikmati Soto Medan

Salah satu tempat yang banyak direkomendasikan untuk mencicipi soto medan yaitu di Soto Medan Sinar Pagi. Soto khas Medan, dengan kuah kuning dan kaya akan rempah-rempah. Terletak di ujung jalan Sei Deli, setiap hari Rumah Makan Sinar Pagi yang buka kira-kira pukul 07.00 – 14.00 ini selalu dipenuhi oleh para pelanggan, baik dari dalam maupun luar kota Medan. Tidak hanya daging dan paru, soto ini juga tersedia dengan pilihan isi ayam atau jerohan sapi lainnya. Dipadu dengan perkedel kentang, yang menjadi teman wajib, soto ini memang layak untuk menjadi ikon kuliner Kota Medan. Kalau mau menikmati Soto Medan, Anda harus menyempatkan mampir ke Rumah Makan Sinar Pagi ini.

Mampir Di Pusat Jajan Merdeka Walk

Berkunjung ke Medan kurang lenkap rasanya jika tidak mampir ke Merdeka Walk. Merdeka Walk yang berada di pusat kota Medan ini merupakan tempat jajan berkonsep outdoor. Tempat ini sangat ramai di malam hari dan merupakan salah satu tempat hang out anak-anak muda Medan. Makanan-makanan khas Medan yang ada disini memang sangat menggoda dan membuat perut terasa lapar. Jadi, bila berkunjung ke Medan jangan lupa berkunjung ke tempat kuliner ini dan merasakan sensasi lezatnya makanan ala Medan.

Menyantap Mie Aceh Titi Bobrok

Di Medan ada kuliner khas Aceh yang jadi salah satu destinasi wisata kuliner di kota Medan, namanya Mie Aceh Titi Bobrok. Restoran yang terletak dibilangan Setia Budi – Medan ini selalu ramai dikunjungi oleh orang yang ingin makan disini. Meski ramai, tapi pelayanannya cukup cepat. Pilihan menu pun beragam, salah satunya adalah mie Aceh yang ditumis atau disebut mie goreng dan ada yang berkuah yang disebut mie basah. Ada yang disajikan dengan daging sapi, kepiting, atau dengan udang. Rasa kuah yang gurih dan wangi kaya akan rempah membuat rasa nikmat mie semakin menggugah selera. Hidangan tersebut disajikan bersama irisan acar bawang dan jeruk nipis serta ditemani dengan emping melinjo dan irisan mentimun. Menu yang juga sayang dilewatkan jika bersantap di tempat ini adalah martabak telur-nya. Banyak yang menyebut kalo martabak telur khas Aceh ini sebagai martabak terbalik. Martabak yang sepintas tampak seperti telur dadar ini, disajikan dengan kuah kari serta acar bawang yang khas.

Nama Titi Bobrok itu sendiri berarti jembatan rusak. Seperti diketahui jika kedai Mie Aceh Titi Bobrok dulunya berada disamping jembatan rusak, meski saat ini jembatan tersebut sudah tidak rusak lagi.

Mencoba Bolu Meranti

Makanan khas Medan yang cukup terkenal selanjutnya adalah Bolu Meranti Medan. Kue yang mirip lapis Surabaya ini beberapa tahun belakangan menjadi altenatif oleh-oleh khas Medan selain kue Bika Ambon. Bolu ini punya cita rasa yang beda dengan berbagai jenis pilihan rasa, mulai dari rasa keju, kacang, nanas, strawberry dan mocca. Selain itu juga dapat ditambahkan topping meses, keju, atau kacang di atas bolu pilihan Anda. Tidak heran jika toko yang berada di Jl. Kruing dan Jl. Sisingamangaraja – Medan ini selalu ramai dikunjungi pembeli setiap harinya.

Cita Rasa Bika Ambon

Tidak lengkap rasanya kalau jalan ke kota medan tidak mencoba kuliner yang satu ini, Bika Ambon Zulaikha. Dengan kualitas rasa dan kelembutan bikanya membuat produk ini menjadi salah satu kuliner yang diburu oleh masyarakat Medan maupun para pelancong. Salah satu rahasia bika ambon yang enak adalah bika dengan serat yang sempurna di bagian dalam dan rasanya lembut dengan sensasi lemak di ujung lidah. Bahan utamanya terbuat dari tepung tapioka, santan, gula, telur, dan air nira. Jika ingin mencoba bika ambon cita rasa yang nikmat dan teksturnya yang kenyal, Anda bisa mampir di toko bika Ambon Zulaikha Jl. Mojopahit – Medan.

(Oleh: Chairudi Barata)

(dimuat di majalah Transmedia Edisi 01 2016)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat