Nikmatnya Kuliner Khas Bali

Liburan ke Bali tentunya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Bali. Kuliner Bali sendiri punya cita rasa unik dengan bumbu rempah-rempah yang kuat dan pedas. Berikut beberapa kuliner Bali yang wajib Anda coba :

 

  • Ayam Betutu

Hasil gambar untuk ayam betutu baliSiapa yang tidak pernah mendengar tentang Ayam Betutu? Menu yang satu ini jangan terlewat dalam daftar wisata kuliner selama di Bali. Bagi pencinta masakan pedas, bersiaplah untuk jatuh cinta dengan Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang bikin ketagihan! Uniknya, bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lantas dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik.

 

  • Sate Lilit

Hasil gambar untuk sate lilitBerbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk, Sate Lilit justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk dan gurih! Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, Anda akan mencium bau wangi yang sedap. Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun, sate lilit dengan daging ikan tenggiri lah yang menjadi primadona di Bali.

 

  • Lawar Kuwir

Gambar terkaitLawar merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang di ramu khusus menggunakan bumbu khas Bali. Pada umumnya Lawar diolah dengan menggunakan campuran daging babi, meski begitu ternyata bebek entog (kuwir) juga menjadi daging alternatif yang di favoritkan oleh masyarakat Bali. Biasanya daging entog yang sudah dicincang akan dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa serta dilumuri bumbu Bali. Makanan ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat bersama sate lilit, kacang tanah, suwiran Ayam Betutu, dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang). (dari berbagai sumber)

 

 

 

——————————————

 

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat