Newsletter Sebagai Media Komunikasi Perusahaan

Newsletter secara umum merupakan karya jurnalistik terdiri dari berbagai informasi yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan dan anggota perusahaan. Newsletter kebanyakan tidak diperjualbelikan, sirkulasinya terbatas dan waktu terbitnya bersifat periodic. Tak hanya untuk pihak internal, ada juga newsletter yang ditujukan untuk eksternal.

Bentuk newsletter bervariasi, dari yang sederhana dan singkat (beberapa lembar saja) hingga yang lebih lengkap dan mendalam (seperti majalah & tabloid). Newsletter juga menggunakan media internet dikenal dengan “e-magazine” (electronic magazine) yang muncul di website perusahaan. Dalam lingkup internal, newsletter memiliki fungsi penting sebagai media komunikasi yang menjembatani pihak manajemen dan karyawan sehingga terjadi komunikasi dua arah, misalnya dalam memperoleh informasi tentang strategi dan tujuan perusahaan serta informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik. Selain itu, newsletter juga berfungsi sebagai media publikasi dan wahana pengakuan terhadap prestasi kerja karyawan. Sementara secara eksternal, newsletter bisa menjadi alat marketing yang powerful guna menginformasikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada customer.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat