NASCAR – Ajang Balap Mobil Amerika Serikat

previous arrow
next arrow
Slider

Ajang balap mobil Nascar (National Association for Stock Car Auto Racing) merupakan kejuaraan yang sangat populer di Amerika Serikat. Setiap tahunnya balapan ini selalu ditunggu oleh para penggemar setianya. Tidak heran jika di Amerika Serikat balapan ini mampu mengalahkan pamor ajang F1 dan balapan mobil lainnya. Oleh karenanya Nascar menjadi ajang balap mobil yang bisa memikat hati para penggemarnya. Tidak itu saja, pamor balapan ini di Negeri Paman Sam tersebut setara dengan olah raga bola basket, bisbol, maupun American Soccer.

 

Di ajang Nascar ini terdapat beberapa lintasan legendaris pada balapan Nascar diantaranya Daytona International Speedway (yang saat ini juga digunakan sebagai lintasan MotoGP), Talladega Superspeedway yang sebelumnya dikenal Alabama International Motor Speedway, dan Indianapolis Motor Speedway.

 

Mobil yang digunakan dalam Nascar mengambil basis mobil sedan yang ada dipasaran. Mobil ini kemudian dimodifikasi pada bagian sasis dan bodi yang diperlebar dengan menggunakan bahan serat karbon. Teknologi canggih pun diadopsikan dalam mobil Nascar tersebut, seperti mekanisme pengereman yang mengandalkan downforce dari mobil Nascar serta menggunakan rem berteknologi canggih. Tidak itu saja, mobil – mobil Nascar juga memiliki mesin yang tidak saja mumpuni namun juga mengadopsi teknologi yang canggih. Semua ini tentunya agar mobil Nascar dapat menyelesaikan setiap balapan yang harus menyelesaikan ratusan lap.

 

Jika dulu balapan Nascar didominasi oleh pabrik mobil asal Amerika Serikat, maka di balapan era modern ini pabrikan Jepang juga mulai mengekpansi balapan ini. Toyota yang menurunkan sedan Camry-nya   mampu bersaing dengan pabrikan lainnya seperti Ford, Dodge, dan Chevrolet. (dari berbagai sumber)

 

 

 

 

————————————

 

 

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat