MPV Kendaraan Keluarga

Dalam beberapa dekade terakhir kendaraan dengan daya angkut penumpang dalam jumlah besar telah menjadi tren bagi konsumen di tanah air. Mencermati keadaan tersebut, pabrikan kendaraan bermotor melihat adanya peluang untuk mengisi pasar di kelas ini. MPV (multi purpose vehicle) atau kendaraan serba guna merupakan pilihan yang pas untuk mengisi pasar tersebut. Keadaan ini tak pelak lagi membuat para pabrikan seperti Toyota, Nissan, Suzuki ataupun Hyundai mengeluarkan produk MPV andalan mereka. Ciri khas dari kendaraan MPV adalah bentuknya yang terbilang bongsor, nyaman dikendarai dan menggunakan mesin bertenaga cukup besar.

Sementara itu, harga yang ditawarkan untuk produk-produk MPV ini sangat bervariasi. MPV modern memiliki desain yang menarik, mengadopsi teknologi canggih serta mempunyai beragam fasilitas hiburan didalamnya. Meski MPV keluaran terbaru mempunyai desain moderen biasanya menjadi bahan pertimbangan dalam memilih kendaraan jenis ini, namun tetap saja performa mesin merupakan hal yang penting dalam menentukan pemilihan sebuah kendaraan. Namun tidak ketinggalan ruang kabin yang lapang serta daya muat yang terbilang besar tetap mejadi nilai tersendiri.

Untuk dapur pacu MPV menggunakan mesin berkapasitas antara 1500 hingga 2500 cc. Meski ada juga yang menggunakan mesin berkapasitas 1300 cc. Pemilihan mesin tersebut tentunya disesuaikan dengan daya angkut serta pemakaian bahan bakar yang efisien. Tidak itu saja, beberapa MPV keluaran terbaru telah mengadopsi beberapa fitur teknologi terkini seperti ABS (Antilock Breaking System) di keempat roda, dual airbags, EBD (Electronic Break Force Distribution) serta sensor parkir. Sedangkan untuk lebih menambah kenyamanan berkendara, MPV pun punya  dua pilihan transmisi yang bisa Anda pilih, manual atau otomatis.

Kendaraan jenis MPV ini telah menjadi pilihan masyarakat di Indonesia. Beberapa merek MPV menjadi primadona bagi para pencinta kendaraan jenis ini. Sebut saja Toyota Kijang Innova, Nissan Livina, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Stream, Suzuki APV, Hyundai Trajet dan Toyota Alphard. Merk-merk tersebut tentu mempunyai pasarnya masing-masing dan tentunya mempunyai keistimewaan tersendiri.

Dengan desain yang keren dengan beragam kecanggihan teknologi yang dihadirkan di MPV ini, membuat kendaraan jenis ini menjadi pilihan keluarga Indonesia.

 

TIPS MEMILIH MPV

  • Pilihlah MPV dengan posisi mengemudi paling nyaman. Hal ini penting, karena dimensi kendaraan yang terbilang besar, membuat Anda harus memilih posisi stir yang paling sesuai dengan postur badan Anda. Semua ini tentunya berhubungan dengan kenyamanan Anda berkendara.
  • Melihat spesifikasi mesin, mulai dari kapasitas mesin hingga teknologi yang digunakannya. Ini tentunya berhubungan dengan kemampuan kendaraan dan tentunya harga unit kendaraan tersebut.
  • Perhatikan fitur keamanan yang ada. Seperti misalnya safety belt di setiap tempat duduk, rem dengan ABS hingga dual air bag. Semua fitur ini berkaitan dengan keselamatan Anda berkendara.
  • Membandingkan kelengkapan yang ada pada sebuah MPV. Misalnya sensor parkir, CD player, sunroof hingga captain seat.

 

(Oleh: Chairudi Barata)

 

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat