25 Tahun Berlalu, Dari Sentul ke Mandalika

Indonesia kembali jadi host MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nah, menarik untuk dibahas bagaimana sejarah MotoGP di Indonesia.

Tahun 2022 akan jadi momentum besar bagi sejarah balap motor di Indonesia. Pasalnya, di tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP.

Dengan demikian, Indonesia kini mengikuti jejak Malaysia dan Thailand sebagai negara Asia Tenggara yang terpilih sebagai host balap motor dunia sejak 1999. Malaysia terpilih menggelar MotoGP di Sirkuit Sepang pada 1999,  sedangkan Thailand menggelar balapan MotoGP mulai 2018 di Sirkuit Buriram. 

Lalu, gimana sih sejarah MotoGP di Indonesia? Simak yuk!

GP Indonesia

Sejarah panjang MotoGP di Indonesia dimulai pada pertengahan 90-an. Indonesia untuk pertama kalinya kebagian jatah menjadi tuan rumah pada 1996 dan 1997 yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor. Kala itu, juara dunia 9 kali, Valentino Rossi masih berlaga di kelas paling bawah 125 cc.

Pada musim balap 1996, GP Indonesia masuk kalender balap seri kedua dan 15 seri yang dihelat. Sedangkan pada musim 1997, Indonesia ditetapkan pada seri ke-14.

Balapan MotoGP pada masa itu masih menggunakan motor dua tak berkapasitas 500cc, 250cc, serta 125cc. Meski kapasitas motor pada masa tersebut setengahnya dari mesin MotoGP masa sekarang, tapi kecepatannya tetap mampu membuat kagum para pecinta otomotif.

Deretan nama pembalap legendaris MotoGP yang pernah berlaga di GP Indonesia 1996 dan 1997 selain Rossi antara lain Max Biaggi dan pembalap Australia, Mick Doohan. 

Saat itu, Doohan tercatat sukses meraih podium tertinggi di kelas 500cc musim 1996. Setahun berselang giliran Biaggi yang naik podium pertama di kelas 250cc. Sedangkan, Rossi berhasil meraih podium di kelas 125cc.

Sayangnya, kemeriahan MotoGP Indonesia ini tidak bertahan lama. Sebab, krisis keuangan yang terjadi pada 1998 membuat pemerintah terpaksa menghentikan kontrak dengan Dorna Sport selaku promotor MotoGP.

Rampungnya pembangunan Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 1999 membuat Dorna memutuskan gelaran MotoGP di kawasan Asia Tenggara dipindah ke Negeri Jiran. 

Kini, setelah 25 tahun berlalu, Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah MotoGP.  Sirkuit Mandalika yang sebelumnya sukses menggelar World Superbike 2022 akan menjadi saksi sejarah baru balapan motor paling bergengsi di bumi nusantara. Menarik untuk dinantikan siapa yang akan naik podium tertinggi pada race day di tanggal 20 Maret lusa.

Foto: Instagram MotoGP

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published.

WhatsApp chat