Minuman Penghangat Tubuh di Musim Hujan

Awal tahun identik dengan musim penghujan. Saat hujan tiba, kita cenderung akan berusaha menghangatkan badan untuk melawan udara dingin. Salah satu cara terbaik untuk menaikkan suhu tubuh adalah dengan mengonsumsi makananan ataupun minuman. Berikut ini adalah beberapa minuman yang cocok untuk menghangatkan tubuh di kala hujan turun:

  1. Teh

Yang pertama dan yang paling mudah dilakukan adalah dengan menyeduh secangkir teh hangat. Teh hangat dipercaya mampu menghangatkan tubuh dan meredakan hidung tersumbat. Dalam teh hangat mengandung polifenol yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut mampu menjaga selaput lendir tetap lembab dan mampu memperlancar pernapasan.

  1. Wedang jahe

Wedang jahe dipercaya mampu menyehatkan jantung dan menghangatkan perut. Bahkan di negara Barat, Jahe merupakan salah satu minuman favaorit saat musim dingin. Mengunyah irisan jahe lebih efektif untuk menghangatkan tubuh, namun kita dapat merebusnya bersama air dan menambahkan dengan gula merah atau madu untuk menambah rasa.

  1. Kayu Manis

Aroma kayu manis yang khas membuatnya kaya akan manfaat. Kayu manis merupakan salah satu rempah yang juga dapat menjadi alternatif pada saat cuaca dingin. Segelas wedang kayu manis dipercaya dapat mencegah flu. Selain itu, kayu manis juga mengandung anti-oksidan yang mampu mengontrol gula darah sehingga dapat mengontrol tingkat gula darah.

  1. Cokelat panas

Minuman yang juga menjadi favorit banyak orang ketika cuaca dingin adalah cokelat panas. Di balik rasanya yang lezat, cokelat panas juga memiliki berbagai manfaat. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam minuman ini mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Meminum cokelat juga dapat meningkatkan suasana hati dan merangsang pelepasan endorfin yang membantu untuk meningkatkan mood.

Mengonsumsi minuman hangat dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Tapi bukan sembarangan, makanan atau minuman tertentu dapat menaikkan suhu tubuh secara alami, yang sekaligus juga menyehatkan karena diperkaya oleh nutrisi dan antioksidan penguat kekebalan tubuh agar tidak mudah masuk angin, terlebih setelah kehujanan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat