Menyiasati Saluran Limbah Air

Dalam membuat rumah, pembangunan saluran sanitasi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab hal ini erat kaitannya dengan pembuangan limbah dapur nantinya yang berdampak pada kebersihan dan kesehatan bagi penghuni rumah.

Sejatinya, aktivitas rumah tangga mengasilkan limbah dari dapur, limbah detergen dan limbah bekas mandi. Ketiga limbah ini dikenal dengan nama greywater atau limbah nonkakus. Selain itu, rumah tangga juga menghasilkan limbah kotoran manusia, yang dikenal dengan blackwater. Tak hanya itu, beberapa ahli sanitasi menambahkan satu kategori lagi untuk limbah tetesan AC dan kulkas sebagai clearwater.

Untuk menangani hal ini, Benny Pupantoro dalam buku Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat mengklasifikasikan tempat-tempat pembuangan limbah dapur ini. Menurutnya, buangan dari kamar mandi, bak cuci atau talang air hujan dapat dialirkan ke tempat pembuangan, missal roil kota, sungai, atau sumur peresapan yang dibuat.

Sedangkan, air buangan dari WC tidak boleh langsung dibuang ke tempat pembuangan, sebab kotorannya dapat menimbulkan wabah penyakit. Oleh karena itu, air buangan dari WC harus dimasukkan dulu ke dalam sebuah bak penghancuran kotoran, yang disebut septic tank.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat