Meninggalkan Rumah Dengan Aman Saat Mudik

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan mudik. Saat pulang ke kampung halaman, seseorang akan meninggalkan rumahnya di kota selama satu minggu atau bahkan lebih. Tentu saja hal ini mengkhawatirkan. Rumah tanpa penjaga dengan aset harta di dalamnya cukup berbahaya jika ditinggal dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, jika ingin melakukan perjalanan mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga rumah yang ditinggalkan tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan:

Pastikan seluruh pintu dan jendela rumah dalam keadaan terkunci. Begitupun bagasi (jika ada), serta pintu gerbang rumah. Selain itu jangan pernah meninggalkan kunci tersebut pada tempat yang mudah ditemukan, seperti dibawah keset, pot, atau kusen pintu.

Jangan lupa cabut seluruh listrik yang tidak dibutuhkan, seperti AC, kulkas, televisi dan barang elektronik lainnya. Hal ini untuk menghindari korsleting dan meminimalisir tagihan listrik. Selain itu, cabut selang regulator dan pastikan kembali tabung gas tidak mengalami kebocoran. Anda juga tidak boleh lengah terhadap keberadaan kran air. Sebelum berangkat, pastikan kran air sudah tertutup.

Guna memastikan rumah Anda tetap aman, Anda juga bisa memasang CCTV di sekitar rumah. Sehingga Anda bisa tetap memantau kondisi rumah walaupun sedang mudik. Terakhir, laporlah kepada RT dan RW setempat jika Anda akan melakukan mudik. Selain itu, Anda juga bisa berkoordinasi dengan penjaga keamanan atau satpam di lingkungan rumah. Hal itu untuk membantu mereka lebih ketat dalam memberikan penjagaan dan pengawasan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat