Mengenal Sistem Kalender

Kalender merupakan sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu (contohnya seperti hari). Nama-nama ini dikenal sebagai tanggal kalender. Tanggal ini bisa didasarkan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti matahari dan bulan. Selain itu kalender juga dapat mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut (sebagai contoh sebuah kalender dinding).

 

Secara umum kalender yang biasa digunakan yaitu kalender solar, kalender lunar, kalender lunisolar, dan kalender persetujuan.

  • Kalender Lunar adalah kalender yang disesuaikan dengan pergerakan Bulan (fase bulan); contohnya kalender Hijriah.
  • Kalender Solar adalah kalender yang di dasarkan dari musim dan pergerakan Matahari. Contohnya kalender Persia, dan kalender Romawi.
  • Kalender Lunisolar adalah kalender yang disesuaikan dengan pergerakan bulan dan matahari, seperti kalender Bali, kalender Yahudi, dan kalender Tionghoa.
  • Kalender Persetujuan adalah kalender yang tidak disesuaikan dengan Bulan dan Matahari, contohnya adalah hari dan minggu Julian yang digunakan oleh para pakar bintang.

 

Selain itu juga juga ada kalender yang tampaknya disesuaikan dengan pergerakan Venus, seperti beberapa kalender Mesir Kuno. Kalender ini juga tampaknya sering dipakai di peradaban yang berada dekat khatulistiwa. (dari berbagai sumber).

 

 

————————————-

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat