Mengenal Sepeda Cross Country

Saat ini bersepeda merupakan sebuah kegiatan yang paling disukai. Bersepeda selain sebagai olahraga yang menyehatkan tubuh, juga dimafaatkan sejumlah orang sebagai rekreasi. Beragam sepeda dapat ditemui di pasaran, mulai dari sepeda gung, BMX, dan lain sebagainya. Sepeda gunung atau biasa disebut dengan MTB (mountain bike) menurut fungsinya dibagi 5 jenis, salah satunya adalah Cross Country (XC).

 

Sepeda ini dirancang untuk jalur off road dengan rintangan minim hingga sedang. Sepeda XC dibagi menjadi dua yakni hardtail mountain bike dengan suspensi depan dan full suspension mountain bike yang memiliki suspensi depan dan belakang. Di bandingakan sepeda guning lainnya, berat sepeda XC relatif  ringan, berkisar 8 hingga 12 kg. Sepeda gunung jenis ini didisain untuk mendapatkan efisiensi yang optimal pada saat mengayuh dan menanjak. Oleh karenanya banyak digunakan untuk keperluan XC-race.

 

Full suspension mountain bike merupakan sepeda yang banyak dipilih oleh para pencinta sepeda XC. Penggunaan sull suspension pada sepeda XC banyak dipicu oleh teknologi baru dalam pembuatan bahan material berbobot ringan serta geometri suspensi belakang yang mampu mengeliminasi efek negatif dari bobbing. Bobbing adalah tendangan balik pada saat suspensi mengayun. Oleh karenanya sepeda gunung jenis ini sebaiknya tidak dipergunakan secara ekstrim. Untuk merek ada banyak pilihan yang beredar di pasaran, seperti Scott, Specialized, Giant, Cannondale atau merek local macam Polygon atau United. (dari berbagai sumber)

 

——————–

 

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat