Mengenal Scuba Diving

Scuba atau Self Contained Underwater Breathing Apparatus merupakan alat selam yang disempurnakan oleh Yves Scuba Couteau dan Emile Gagnan pada tahun 1943. Sebagian ahli penyelaman mengatakan, scuba diving merupakan salah satu aktivitas atau olahraga yang berisiko tinggi baik bagi kesehatan maupun bagi keselamatan pribadi pelakunya. Tentunya bila kegiatan tersebut tidak dilakukan melalui prosedur yang benar.

 

Untuk menjadi penyelam (scuba diver) seseorang harus melewati sejumlah tahapan. Ia harus menjalani pendidikan dan pelatihan penyelaman terlebih dahulu. Dan untuk menyelam, seseorang minimal harus menguasai teori dan keterampilan sebagai penyelam dengan tabung udara. Biasanya ujian awal penyelam adalah snorkeling, yaitu kegiatan berenang di permukaan untuk menikmati keindahan dasar pantai.

Dan untuk menjadi seorang scuba diver, Anda diwajibkan untuk memiliki sertifikat dari badan berwenang. Di Indonesia, banyak lembaga yang mengurusisertifikat ini. Misalnya, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), Technical Diving International–Scuba Diving International (TDI-SDI), dan National Association of Underwater Instructors (NAUI) Indonesia.

Untuk penyelam pemula sebaiknya tidak menyelam di dalam laut sendirian. Paling tidak ia harus didampingi oleh seorang instruktur atau seorang dive master. Lokasi penyelaman pun berada di perairan yang cukup tenang, teduh, dengan kedalaman maksimal 60 kaki dan cenderung tidak berarus. Dan setelah mahir, Anda baru bisa melakukan penyelaman di lokasi yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. (dari berbagai sumber)

 

————————

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat