Mencegah Alzheimer Dengan Berolahraga

Salah satu cara yang terbukti dapat menurunkan risiko Alzheimer adalah melakuakan olahraga. Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang aktif bergerak memiliki risiko 35 persen lebih rendah untuk mengalami penurunan kognitif. Selain itu, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology juga dinyatakan bahwa orang yang lebih bugar memiliki kemampuan otak yang lebih kuat setelah 25 tahun kemudian. Berikut beberapa olahraga yang dapat memperkecil risiko Alzheimer :

 

  • Renang

Hasil gambar untuk renang

Bagi mereka yang lanjut usia, berenang adalah cara yang baik untuk bersenang-senang sambil mengurangi kekakuan pada sendi. Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan kardiovaskular, kekuatan otot, dan menekan risiko Alzheimer.

 

 

 

  • Bersepeda

Hasil gambar untuk bersepedaBersepeda merupakan jenis olahraga yang tidak memberikan beban berlebih pada sendi. Olahraga ini pun terbukti bisa mengusir stres, memperkuat otot, meningkatkan keseimbangan tubuh dan denyut jantung, serta membantu memelihara kesehatan mental. Semua manfaat tersebut tentunya dapat memperkecil risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

 

  • Tenis atau badminton

Hasil gambar untuk tenisOlahraga lapangan seperti tenis atau badminton dapat membantu mengasah koordinasi tangan dan mata. Dengan demikian keseimbangan juga meningkat karena Anda terus bergerak di lapangan. Olahraga tersebut jika dilakukan dengan cara tepat, secara rutin dan teratur, terbukti dapat mencegah terjadinya Alzheimer di hari tua. (dari berbagai sumber)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat