Memotret Objek Pada Kondisi Backlight

Memotret di kondisi cahaya matahari/lampu maupun layar videotron di belakang objek, selalu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang fotografer untuk memperoleh hasil foto yang optimal. Kondisi ini biasanya dikenal dengan nama “Backlight”. Dengan pencahayaan yang kuat dari arah belakang, akan membuat wajah objek terlihat lebih gelap dari area foto secara keseluruhan. Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menggunakan bantuan flash untuk menerangi bagian-bagian yang ingin ditambahkan cahaya saat sumber pencahayaan alami tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.

Usahakan gunakan flash eksternal untuk mencegah cahaya yang menyerang langsung ke arah objek, yang justru akan membuat hasil foto terlihat datar dan tidak menarik. Teknik ini mengedepankan kerja sama antara cahaya alami dan flash. Sehingga, akan memberikan keseimbangan pencahayaan yang baik antara objek dan latar belakang foto. Bahkan, flash juga dapat memberi kita kebebasan dalam menyesuaikan sudut datangnya cahaya, dan kekuatan cahaya yang dihasilkannya. Selain itu, ada satu teknik lagi untuk mengatasi kondisi backlight, yaitu dengan bermain rumus perhitungan guide number (GN) yang terdapat pada flash eksternal, GN = jarak (meter) x bukaan (f-number).

Dengan menggunakan GN, kita dapat menghitung jarak subjek yang optimal atau bukaan yang dibutuhkan. Misalnya, jika GN flash 56 di ISO 100 dan bukaan diset ke f/5,6, subjek tepatnya berada di jarak 10 meter dari flash (di dapat dari 56 dibagi 5,6), saat kekuatan flash diatur dengan kekuatan penuh. Namun, jika subjek berjarak lebih dari 10 meter, subjek akan terlihat gelap. Ingat, rumus ini hanya berlaku hanya saat flash diarahkan langsung ke subjek, tidak berlaku saat kepala flash diarahkan ke langit-langit. Jadi, dengan menggunakan bantuan flash eksternal, kondisi backlight dapat diatasi dan foto yang didapat menjadi bagus sesuai harapan dengan pencahayaan yang seimbang.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat