Memilih Bahan Bangunan yang Tepat

Sebelum membangun rumah, warganet tentu harus memilih bahan bangunan yang akan digunakan. Pada tahap ini, warganet perlu mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan dari jenis material, terutama untuk material dinding. Sebab bahan bangunan untuk dinding ini beragam, dari batu bata, batako hingga batu ringan (hebel).

Untuk penggunaan batu bata/batu merah masih lebih umum digunakan masyarakat. Karena selain teruji kekuatannya, jenis material ini lebih mudah ditemui. Bata merah dibuat dari tanah khusus yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi. Rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan terasa lebih nyaman dan adem. 

Selanjutnya, batu batako. Material ini umumnya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak padat atau di-press. Material batako tidak memerlukan bahan perekat yang tebal, jadi lebih hemat. Selain itu, batako juga lebih ringan dibandingkan bata merah. Sementara, bata ringan, hebel atau celcon dibuat melalui teknologi mesin sehingga mudah diproduksi dengan ukuran yang lebih seragam. Walau ringan, jenis bahan bangunan ini juga dikenal sangat kokoh dan tahan akan gempa bumi. Selain itu untuk pemasangan batu ringan butuh orang yang cukup ahli dalam pemasangannya dan menggunakan perekat khusus.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat