Memelihara Musuh? Yang benar saja! #Series15

Ada pepatah populer yang menyatakan “Seribu teman terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak! Apakah Anda setuju? Kebanyakan dari kita tentu sependapat dengan filosofi yang terkandung dalam pepatah tersebut.

Namun, untuk beberapa kasus, kehadiran “musuh” atau orang yang tidak sependapat dengan kita, dirasakan memberi manfaat tersendiri. Ada kalanya, kehadiran atau ancaman musuh, justru membantu kita memilah sekaligus mengetahui siapa saja “teman” kita yang sesungguhnya.

Kok bisa? Nah, disinilah uniknya peran “musuh” dalam arti yang positif. Kehadiran musuh yang “mengancam” eksistensi kita, justru kerap kali akan “membangunkan” semangat teman-teman kita untuk berani tampil. Mereka akan langsung “pasang badan”, mendukung dan juga pembelaan.

Contoh yang paling mudah ditemui adalah ketika masyarakat Indonesia tengah merayakan pesta demokrasi 2019. Pada beberapa sosial media, tampak jelas adanya dukungan fanatik dari masing-masing pasangan calon (paslon) Presiden Indonesia. Mereka saling “menyerang” paslon lawan, sekaligus membela paslon yang didukungnya.

Dalam beberapa kasus, dukungan terhadap paslon lebih sering disampaikan ketika sang paslon mendapatkan serangan. Oleh karenanya, para teman/pendukung paslon tersebut tentu akan tergerak hatinya untuk melakukan pembelaan.

Kasus serupa juga berlaku terhadap merek/brand yang memiliki pelanggan yang loyal (advocate customer) dan haters. Ketika haters menyerang, maka advocate customer akan hadir membela. Namun sebaliknya, ketika suasana “aman dan tenang”, seringkali advocate customer juga bersikap adem-ayem.

Nah, dengan demikian, tampak jelas bahwa pengelolaan “musuh” dengan baik akan memberikan dampak positif terhadap merek/brand kita. Tentu saja, kita tidak boleh membiarkan para advocate customer “berperang” sendirian. Ada kalanya, kita perlu memberikan klarifikasi dengan strategi yang tepat untuk mengembalikan citra/image dan positioning kita sebagaimana mestinya.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat