Melihat Peradaban Tertua Di Dunia

Beribu tahun sebelum Masehi, manusia telah hidup di bumi ini dan meninggalkan peradaban yang berkembang hingga kini. Peradaban dan kebudayaan masyarakat kuno ini tersebar di seluruh sudut dunia. Berikut beberapa peradaban tersebut :

  • Maya

Suku Maya adalah suku yang dahulu hidup di Amerika Selatan. Peradaban Maya kuno ini berkembang menjadi yang tercanggih sekitar 2600 SM dan memiliki budaya yang kaya dibandingkan peradaban lain. Kuil peninggalan yang menyerupai piramida bangsa Maya dan Aztec ini bahkan lebih besar dibandingkan piramida di Mesir. Namun sayangnya peradaban Maya tiba-tiba berakhir dan runtuh pada abad ke-8 atau ke-9 dan masih menjadi misteri hingga saat ini.

  • Mesir

Peradaban Mesir Kuno merupakan salah satu peradaban tertua di dunia yang berada di sepanjang Lembah Sungai Nil di Mesir. Peradaban ini bertumpu pada pertanian dan sungai Nil merupakan urat nadinya. Budaya Mesir kuno dikenal luar biasa dengan peninggalan yang menakjubkan seperti piramida, sphinx, dan kalender matahari.

 

  • Mesopotamia

Sejarah Mesopotamia dari bangsa Sumeria diyakini sebagai pusat peradaban tertua di dunia sekitar tahun 3300 – 750 SM. Ini karena belum ditemukan bukti telah ada peradaban sebelumnya. Mereka telah mempunyai kebudayaan yang tinggi dan mendirikan perkotaan. Kehidupan perekonomian masyarakatnya adalah petani namun perdagangan juga berjalan baik. Tulisan paku mereka menjadi dasar dari tulisan latin saat ini. Mereka juga telah membangun kuil dengan menara yang tinggi. Bangsa ini hidup makmur di wilayah Irak modern saat ini.

  • Aztec

Tahun 1200M-1300 M, adalah kemunculan suku Aztec, pada saat yang sama dengan kejatuhan bangsa Maya. Suku Aztec merupakan bangsa yang besar hingga tahun 1500 SM. Suku ini juga kaya raya dengan timbunan emas, perak, dan bermacam perhiasan yang berlimpah. Peradaban Aztec ini paling berpengaruh di Meksiko dan Amerika Tengah. Meski begitu, Spanyol datang berekspansi pada tahun 1521 hingga kerajaan Aztec yang terkenal ini jatuh.

  • Inca

Peninggalan Suku Inca_Machu Pichu

Inca merupakan salah satu dari peradaban tertua di dunia dan terbesar di Amerika Selatan pada era pra Columbus. Wilayahnya membentang di daerah Ekuador, Peru, dan Chile saat ini. Sejak berdiri pertama kali, Kekaisaran Inca berkembang pesat dan masyarakat Inca pun hidupnya cukup mapan. Peninggalan peradaban Inca antara lain Moray, laboratorium pertanian di dataran tinggi Ande. Selain itu situs bersejarah peninggalan tercantik suku Inca, yaitu Machu Pichu. (dari berbagai sumber)

 

—————–

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat